Sosial & Budaya

Tangerang terancam kekurangan stok sapi kurban

Senin,  15 Oktober 2012  −  11:02 WIB
Tangerang terancam kekurangan stok sapi kurban
Hewan kurban sapi. (dok: Okezone)

Sindonews.com - Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha atau hari kurban tahun ini di wilayah Tangerang terancam kekurangan pasokan sapi kurban. Kekurangan pasokan ini disebabkan tempat-tempat penangkaran mulai kekurangan stok.

Menurut salah seorang pemilik penangkaran sapi Tanjung Untung Makmur di Kawasan Selapajang, Kota Tangerang, Susan, mengatakan di tingkat pemasok sapi kebutuhan kurban baik lokal maupun impor terus mengalami kekurangan pasokan.

"Jika dalam keadaan normal di penakaran sapi terdapat lebih dari 30 ribu ekor sapi, namun menjelang Idul Adha sapi kurban dan kebutuhan reguler menyusut hampir separuhnya," kata Susan, kepada wartawan, di Tangerang, Senin (15/10/2012).

Dia mengatakan, kandang-kandang sapi yang berjajar lebih dari lima hektare ini, kini tidak sepenuhnya terisi sapi yang akan digemukkan untuk hewan kurban dan kebutuhan harian.

"Sudah beberapa bulan kandang-kandang sapi tidak semuanya penuh," tuturnya kembali.

Minimnya pasokan sapi ini dijelaskan Susan, dikarenakan minimnya pasokan dari daerah, sedangkan terkait sapi impor, kelangkaan terjadi karena pembatasan impor dari Australia.

Untuk meminimalisasi terjadinya kelangkaan lebih parah, pihak pengelola penangkaran kini mulai berkonsentrasi dalam pengembangbiakan sapi meski akan memakan waktu lebih lama. Namun, upaya ini akan dianggap lebih efektif dalam menanggulangi kelangkaan sapi.



(mhd)

views: 1.118x

 

shadow