HAM bagian dari problem nasional

Kamis, 11 Oktober 2012 - 11:47 WIB
HAM bagian dari problem nasional
HAM bagian dari problem nasional
A A A
Sindonews.com - Calon anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Mochamad Soedioto, mengemukakan kalau HAM merupakan salah satu problem nasional yang harus diselesaikan.

"Tujuan saya untuk mengikuti seleksi calon anggota komnas HAM ialah karena kita semua tahu, bahwa salah satu problem nasional ialah masalah HAM begitupun dengan kaum minoritas, contohnya seperti saya sebagai tunanetra," katanya kepada wartawan sebelum mengikuti pembuatan makalah dalam rapat dengan Komisi III DPR, di Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Dia mengatakan, kaum minoritas seperti dirinya juga bagian dari komponen bangsa yang harus mendapatkan perlakuan hak yang sama.

"Sepeti saya ini kan anggota tunanetra, saya lupa nama kelompok saya. Saya dan itu semua kan salah satu konponen bangsa juga, jadi harus saya tegakkan (HAM) termasuk bagi kaum minoritas," jelasnya.

Seperti diketahui, hari ini Komisi III DPR memanggil 30 calon anggota Komnas HAM untuk mengikuti pembuatan makalah sebelum tahap akhir yaitu fit and proper test. Soedioto pun belum memikirkan lebih jauh mengenai hal itu.

"Ini kan baru pembuatan makalah, saya pahami ini juga bagian awal dari fit and proper test. Jadi saya akan usaha untuk menjalani terlebih dahulu," tutup pria 62 tahun ini.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0190 seconds (0.1#10.140)