IPA-IPS dilebur dikurikulum wajib

Rabu, 10 Oktober 2012 - 19:41 WIB
IPA-IPS dilebur dikurikulum wajib
IPA-IPS dilebur dikurikulum wajib
A A A
Sindonews.com - Para pakar yang tergabung dalam tim penyusun mengusulkan penyederhanaan mata pelajaran di SD hanya menjadi enam mata pelajaran saja. Rencananya, pelajaran IPA-IPS akan dilebur kedalam enam pelajar lainnya.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim menyebutkan, kemungkinan pelajaran SD dipangkas menjadi enam pelajaran, seperti Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Indonesia, Seni dan Budaya serta Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes).

Jika sebelumnya mata pelajaran IPA IPS akan dilebur menjadi Ilmu Pengetahuan, nantinya mata pelajaran itu akan tetap ada namun diintegrasikan ke enam mata pelajaran yang menjadi mata pelajaran wajib tersebut.

“Jadi seperti di Bahasa Indonesia, pelajar bisa mempelajari halilintar atau hujan sambil belajar membaca. Jadi IPA akan menjadi penggerak atau motor bagi mata pelajaran lain,” katanya, Rabu (10/10/2012).

Musliar juga mengaku, selama ini pelajaran Bahasa Indonesia kurang bermakna. Jika diintegrasikan dengan IPA IPS mata pelajaran yang lain akan menjadi hidup dan tidak membosankan.

Musliar menjelaskan, siswa SD itu kompetensi yang diperhitungkan adalah Baca Tulis dan Hitung (Calistung) sehingga tidak perlu mempelajari ilmu pengetahuan yang terlalu tinggi.

Musliar menambahkan, kementerian dan para pakar sudah menyepakati kelas satu, dua dan tiga di tahun ajaran baru 2013-2014 sudah akan memakai kurikulum baru.

Namun keduanya masih berdebat perlukah kelas empat, lima dan enam juga menerapkan kebijakan yang sama mengingat siswa dikelas ini sudah besar.

“Ini sedang didiskusikan, yang disepakati kelas 1 sampai 3 hilang, yang belum itu kelas 4 sampai 6. Banyak pakar yang katakan hilangkan saja di semua jenjang, ada yang berpendapat jika tidak diintegrasikan per jenjang akan sulit,” ujar Musliar.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5303 seconds (0.1#10.140)