Pelajaran bahasa Inggris akan dihapus

Rabu, 10 Oktober 2012 - 19:21 WIB
Pelajaran bahasa Inggris akan dihapus
Pelajaran bahasa Inggris akan dihapus
A A A
Sindonews.com - Pembahasan kurikulum baru memasuki babak baru yakni mata pelajaran bahasa Inggris akan dihapus dari jenjang Sekolah Dasar (SD). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berpendapat, anak-anak SD lebih membutuhkan pelajaran bahasa Indonesia ketimbang Inggris.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan, di tingkat sekolah paling dasar anak-anak membutuhkan pembelajaran Bahasa Indonesia yang belum tentu mereka lafazkan huruf-hurufnya dengan baik.

Dia mengaku kasihan jika siswa-siswi yang masih di bawah umur ini dibebani mata pelajaran bahasa Inggris. Karena beban pelajaran mereka akan semakin berat.

“Anak TK saja dipaksa ikut les bahasa Inggris, kalau bahasa kasarnya itu, haram sekali hukumnya. Kasihan anak-anak,” jelasya usai Pelaksanaan Kegiatan TOT Pembangunan Karakter Bangsa pada Guru dan Kepala Sekolah melalui Kebudayaan di Jakarta, Rabu (10/10/2012).

Mantan Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang ini menambahkan, kebijakan penghapusan bahasa Inggris ini akan menjadi wajib di sekolah negeri. Bahkan sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) harus mengikuti kurikulum yang baru ini.

"Kami belum mengkaji untuk sekolah swasta, tapi yang pasti seluruh sekolah harus mengikuti kurikulum yang dibuat pemerintah," tegasnya.

Mantan Irjen Kemendikbud menambahkan, pembahasan kurikulum baru ini masih berjalan dan ditargetkan selesai akhir tahun.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5989 seconds (0.1#10.140)