Sosial & Budaya

Jemaah haji mulai masuki Mekkah

Rabu,  10 Oktober 2012  −  13:39 WIB
Jemaah haji mulai masuki Mekkah
Ilustrasi (Okezone)

Sindonews.com - Aktivitas para jemaah mulai terpusat di Mekkah, Arab Saudi. Mereka melaksanakan ibadah umroh dan menunggu pelaksanaan ibadah haji pada Kamis 25 Oktober 2012 mendatang. Puluhan ribu jemaah calon haji Indonesia pun telah diberangkatkan ke Mekah dalam dua gelombang.

Sekretaris Daerah Kerja Madinah Sofwan Abdul Djani mengatakan, saat ini jumlah jemaah semakin menyusut di Madinah, karena jemaah gelombang pertama yang ada Madinah sudah mulai diberangkatkan menuju Mekkah.

"Sejauh ini, yang sudah diberangkatkan menuju Mekkah mencapai 70 ribu, dan yang tersisa saat ini sekira 33 ribu jemaah di Madinah," katanya di Madinah, Arab Saudi, Rabu (10/10/2012).

Dia mengungkapkan, setiap hari jumlah yang berangkat menuju Mekkah dari Madinah mencapai 15 hingga 20 kloter, dan terus berlangsung hingga 15 Oktober 2012 mendatang. "Pemberangkatan akan terus dilakukan hingga jemaah di Madinah habis pada 15 Oktober 2012 mendatang," ungkapnya.

Menurutnya, pemberangkatan jemaah tersebut dilakukan sekira pukul 07.00 waktu setempat hingga menjelang sore hari. "Pemberangkatan tidak boleh dilakukan setelah Isya. Itu merupakan kebijakan baru yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi, untuk menghindari kecelakaan," ungkapnya.

Dia menambahkan, jemaah haji asal Indonesia diharuskan telah mengenakan pakaian ihram sejak dari pemondokan, sehingga saat sampai di Masjid Bir Ali/Dzul Hulaifah, bisa langsung melaksanakan salat sunah dua rakaat, dan niat ihram.

Saat ini sendiri, sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) mencatat telah ada 89.064 jemaah haji dari 224 kloter yang tiba di Mekkah. Sementara jumlah jemaah yang masih di Madinah sekira 32.323 jemaah, karena 70.822 jemaah haji dari 21 kloter di Madinah telah diberangkatkan ke Mekkah.


(lil)

views: 906x

 

shadow