Politik

Jumlah peserta pemilu 2014 akan turun drastis

Selasa,  9 Oktober 2012  −  16:03 WIB
Jumlah peserta pemilu 2014 akan turun drastis
Ilustrasi (Istimewa)

Sindonews.com - Adanya 33 partai politik (parpol) yang tidak bisa memenuhi 17 persyaratan administratif untuk bisa mengikuti pemilihan umum (pemilu) 2014, menunjukkan kesiapan parpol yang sangat rendah untuk mengikuti Pemilu 2014.

Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LiMA) Ray Rangkuti mengatakan, kenyataan mengejutkan saat ada parpol parlemen yang tidak bisa memenuhi persyaratan untuk mengikuti Pemilu 2014. Padahal, parpol tersebut jugalah yang merembukkan mengenai persyaratan peserta pemilu melalui UU Pemilu.

"Mengkhawatirkan, karena bagaimanapun jika pada akhirnya parpol menemui berbagai kendala memenuhi ketentuan UU tersebut, kita akan melihat satu pengkerdilan keberadaan parpol, karena alasan administrasi," katanya saat dihubungi di Jakarta, Selasa (9/10/2012).

Dengan hasil tersebut menurutnya, bisa jadi peserta Pemilu 2014 akan turun drastis dibandingkan pemilu sebelumnya. "Dengan hasil ini juga ada potensi yang cukup besar untuk melakukan kegiatan yang tidak patut, dan tidak dibenarkan oleh peraturan dalam hal verifikasi ini," ujarnya.

Untuk itu, dia mengungkapkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak boleh mempersulit proses perbaikan persyaratan administrasi yang akan dilakukan dalam waktu seminggu. Hal itu, harus diiringi dengan pengawasan yang ketat terhadap para pihak yang melakukan verifikasi.

Kemudian, KPU juga harus membuat kriteria minimal dalam proses verifikasi itu, agar tidak ada lagi selisih paham antara anggota KPU dengan tim verifikator, dan parpol.

Sementara untuk parpol, Ray meminta agar parpol yang ikut mendaftar saling mengawasi, untuk menghindari adanya perlakuan khusus terhadap parpol tertentu. "Jangan segan-segan untuk melaporkan berbagai temuan pelanggaran kepada Bawaslu. Sekalipun, saat ini Bawaslunya terlihat sibuk dengan dirinya sendiri," tandasnya.


(lil)

views: 1.341x

 

shadow