Politik

Jokowi potensial jadi kandidat Capres 2014

Minggu,  7 Oktober 2012  −  14:34 WIB
Jokowi potensial jadi kandidat Capres 2014
Ilustrasi. (Istimewa)

Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta  terpilih Joko Widodo (Jokowi), ternyata unggul dalam 11 aspek penilaian dari riset yang dilakukan Pol-Tracking Institute terkait figur muda yang berpotensial menjadi kandidat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.

Namun, keunggulan pria yang akrab disapa Jokowi tersebut bisa saja masih merupakan efek dari Pilkada DKI kemarin. Dimana dia berhasil mengalahkan Fauzi Bowo.

"Mungkin ini (keunggulan Jokowi) masih merupakan efek dari Pilkada DKI kemarin," kata Pengamat Psikologi Politik Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk di Hotel Morrisey, Jakarta, Minggu (7/10/2012).

11 aspek tersebut yakni, integritas, kapabilitas, leadership skills, dimensi pengalaman prestatif, keberanian memutuskan.

Kemudian dimensi komunikasi publik, komunikasi elite, aspiratif dan empati, kematangan emosi, akseptabilitas publik, dan dimensi penerimaan partai.

Sebelumnya diketahui, Pol-Tracking Institute melakukan riset dengan 100 responden, yang terdiri dari pakar dan public opinion makers, akademisi, aktivis, tokoh, profesional, jurnalis, pengamat politik, mahasiswa, dan politisi senior.

Dengan kandidat figur termuda yang berusia antara 35-53 tahun. Di antaranya muncul nama Jokowi, Hary Tanoesoedibjo, Anas Urbaningrum, Anies Baswedan, Sri Mulyani, Pramono Anung dan lain-lainnya.



(maf)

views: 2.885x

 

shadow