Hankam

HUT TNI akan pamerkan alutsista baru

Rabu,  3 Oktober 2012  −  13:45 WIB
HUT TNI akan pamerkan alutsista baru
Aksi personil TNI. (okezone)

Sindonews.com - Menjelang hari ulang tahun (HUT) TNI ke-67 pada 5 Oktober 2012 mendatang, TNI melakukan persiapan matang. Dalam HUT nanti, TNI akan memamerkan sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) baru miliknya.

Sedangkan pesawat tempur Sukhoi dan F-16 tidak akan ditampilkan pada puncak peringatan di Lanud Halim Perdanakusuma itu.

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengungkapkan, tidak semua alutsista ditampilkan. TNI hanya akan menampilkan alutsista yang relatif masih baru yang diprogramkan 2010 ke sini.

"Yang lama tetap kita tampilkan, tapi kita titik beratkan pada yang baru," ujarnya usai menyaksikan gladi resik kegiatan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Di antara alutsista andalan yang tidak ditampilkan adalah Sukhoi. Pesawat itu sengaja tidak berpartisipasi karena sebelumnya telah tampil pada HUT TNI Angkatan Udara dan saat HUT Kemerdekaan RI, Agustus lalu.

Beberapa alutsista baru tersebut yakni pesawat tempur taktis Super Tucano, dan pesawat angkut sedang C-295. "Besok (tanggal 5 Oktober) ada empat Super Tucano dan dua C-295," sebut dia.

Angkatan Darat juga memamerkan alutsista barunya seperti meriam Caesar 155 mm dari Perancis. Sementara untuk Tank Leopard belum bisa ditampilkan karena baru tiba November nanti.

"Prosesnya masih panjang jadi belum bisa ditampilkan," tambah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo.

Dalam gladi resik hari ini, ditampilkan defile pasukan, atraksi pesawat KT1-Wong Bee dalam Jupiter Aerobatic Team dan Helikopter Collibri dalam Pegassus Team.

Selain itu juga terdapat terjun free fall oleh sekitar 100 penerjun dari TNI dan Polri, serta terjun statis oleh sekitar 650 prajurit Linud Kostrad.

Turut dipamerkan pula berbagai alutsista di lokasi, seperti helikopter M1-17 asal Rusia, Bell-412, pesawat angkut TNI, LVT Marinir, peluncur roket multi laras Marinir, Panser Anoa, tank Scorpion, BMP-3F, dan meriam.


(ysw)

views: 2.414x

 

shadow