Hankam

Pemekaran armada laut terkendala anggaran

Kamis,  6 September 2012  −  12:38 WIB
Pemekaran armada laut terkendala anggaran
dok.Okezone

Sindonews.com - Pemekaran kekuatan armada laut di wilayah Indonesi dinilai masih sulit untuk diwujudkan. Sebab, pemekaran itu diperkirakan akan menyedot anggaran yang tidak sedikit.

Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) selaku pembuat regulasi dan pembuat kebijakan, tidak serta merta dapat melakukan pemekaran kekuatan armada laut. Namun harus lebih dulu dilakukan kajian yang komprehensif secara strategis.
 
"Anggaran pertahanan sekarang ini 42 persen terserap untuk belanja pegawai. TNI tidak diperkenankan mengembangkan kekuatan jika dengan pengembangan itu nantinya menuntut pemenuhan personel melebihi jumlah yang dimiliki," jelasnya di Jakarta, Kamis (6/9/2012).

Padahal adanya pemekaran bakal membutuhkan anggaran tidak sedikit. Sehingga jika pemekaran dipaksakan, dikhawatirkan akan gagal.

"Jadi setinggi-tingginya anggaran, kalau itu untuk belanja pegawai, nanti pembangunan kekuatan jadi turun," jelas Sjafrie.

Tetapi, lantaran penguatan armada laut dibutuhkan, maka perlu dicarikan solusi.
Sjafrie menilai, menanggulangi ancaman tidak harus serta merta dengan pemekaran kekuatan.

Dia menuturkan, mobilitas yang tinggi didukung kualitas alat utama sistem sejata (alutsista) yang canggih, bisa menjadi solusi.
....

views: 877x
Halaman 1 dari 3

 

shadow