Sosial & Budaya

Upacara di Istana dapat hadiah

Jum'at,  17 Agustus 2012  −  13:54 WIB
Upacara di Istana dapat hadiah
Souvenir Upacara di Istana (Susi Fatmah/Okezone)

Sindonews.com - Pihak Istana Negara memberikan sejumlah hadiah kepada para peserta dan undangan upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Petugas, langsung memberikan hadiah kepada para peserta dan undangan sesaat masuk ke dalam Istana Negara.

Berdasarkan pantauan, Jumat (17/8/2012), hadiah yang dibungkus sebuah tas berwarna hitam tersebut berisi sebuah kaos berwarna putih bertuliskan 'Pesona Tanah Sumatera', sepaket jamu dari Nyonya Meneer, aneka jenis kopi merk Indocafe, satu buah Pop Mie, dan satu buah biskuit Malkist.

Tak hanya itu, dalam bingkisan juga terdapat CD lagu daerah, satu buah handuk putih berlogo HUT RI ke-67 tahun, sebuah topi, dan majalah dengan foto sampul Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Beberapa waktu lalu, Sekretariat Nasional Forum Indonesia Untuk Transparasi Anggaran (Seknas Fitra) merilis keterangan pemerintah telah menghabiskan Rp1,7 miliar hanya untuk hadiah yang diberikan kepada peserta upacara itu.

Dan Rp1,7 miliar tersebut merupakan bagian dari anggaran sebesar Rp7,8 miliar untuk upacara peringatan HUT kemerdekaan RI. Selain untuk souvenir, anggaran itu juga digunakan untuk sewa pemakaian AC standing floor, misting fan, cooling fan, CCTV, dan camera shooting sebesar Rp1,1 miliar.

Alokasi lain, untuk sewa tenda, plampang, kursi, dan meja sebesar Rp 829 juta. Ada pula anggaran pengadaan pakaian sipil lengkap (PSL) untuk pejabat teras, pejabat eselon III dan IV, dan petugas perbantuan sebesar Rp778 juta.

"Selain itu, anggaran pembuatan dekorasi rangkaian bunga sebesar Rp818 juta, sewa sound system sebesar Rp629 juta, penyediaan makanan dan minuman sebesar Rp440 juta, pengadaan jamuan snack box sebesar Rp180 juta, dan lainnya," ujar Koordinator Investigasi dan Advokasi Fitra Uchok Sky Khadafi.


(lil)

views: 2.453x

 

shadow