Korupsi berawal dari masalah sepele

Korupsi berawal dari masalah sepele
Korupsi berawal dari masalah sepele
A+ A-
Sindonews.com - Salah satu cara untuk mengoptimalkan pemberantasan korupsi adalah pemerintah harus melakukan reformasi birokrasi. Jika itu tak dilakukan, ajakan kepada masyarakat agar bersinergi dengan pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi akan sia-sia.

Menurut Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Eko Prasojo sebenarnya korupsi itu sudah muncul dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Korupsi itu muncul dari tindakan yang selama ini dianggap sepele.

“Secara tidak sadar kita selalu memberikan uang rokok ataupun uang jalan untuk melancarkan sesuatu. Sebenarnya walaupun kita tidak memberikan itu tidak akan jadi masalah, namun justru kebiasaan seperti itulah yang justru sebagai cikal bakal korupsi,“ ujar Eko Prasojo saat seminar bertajuk "Perspektif Global dan Gerakan Nasional menuju wilayah bebas korupsi” di Hotel Saripan Pacific Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Menurutnya, tindakan-tindakan itu paling sering terjadi di setiap kalangan pemerintah maupun kalangan masyrakat saat ini. Justru, tindakan itu pula dapat menjadi penghambat dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Apa yang terjadi di level politik dan birokrasi itulah merupakan cerminan masyarakat Indonesia yang korup saat ini,“ jelasnya lagi.(lin)








dibaca 104x

REKOMENDASI :

Top