Hukum

Abraham incar korupsi di migas sejak 2012

Rakhmatulloh

Jum'at,  16 Agustus 2013  −  16:52 WIB
Abraham incar korupsi di migas sejak 2012
Ketua KPK Abraham Samad (Ist).

Sindonews.com - Ketua Komisi pemberantasan korupsi (KPK) Abraham Samad mengatakan, lembaga sektor migas telah menjadi target operasi perilaku korupsi pejabatnya. Hal tersebut sekaligus mempertegas posisi KPK dalam pemberantasan korupsi.

Menurut Samad, selain sektor Migas terdapat sektor lain seperti ketahanan pangan dan pajak yang menjadi fokus KPK melakukan pemberantasan korupsi dilembaga negara.

"Sejak road map kita 2012 awal, kita sudah mencanangkan bahwa KPK fokus pada tiga sektor, ketahanan energi, pangan dan revenue pajak," ujar Samad, di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/ 8/2013).

Sekarang, dengan tertangkapnya Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Rudi Rubiandini lewat operasi tangkap tangan beberapa waktu lalu, menurut Samad bukti keseriusan KPK dalam menjalankan langkah kerja (road map) yang sudah menjadi fokus KPK.

"Pangan kita sudah masuk, bibit, daging, dan sekarang kita sudah masuk di ketahanan energi di sektor migas. Kasus ini (sektor migas) sudah berbulan-bulan," tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto enggan mengistilahkan KPK telah mengincar lembaga sektor migas sebagai buruhannya dalam memberantas korupsi. Namun, kasus yang menimpa pejabat kepala SKK Migas merupakan hasil informasi yang disampaikan masyarakat dan langsung ditindaklanjuti oleh KPK.

 

(lal)

 

shadow