Politik

Sutan pastikan SBY tak ikut campur soal konvensi

Haris Kurniawan

Senin,  29 Juli 2013  −  09:38 WIB
Sutan pastikan SBY tak ikut campur soal konvensi
Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana

Sindonews.com - Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana menegaskan jika Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan campur tangan, terhadap mekanisme konvensi terbuka Partai berlambangkan mercy tersebut.

Bahkan, SBY menekankan konvensi harus berlangsung secara adil. "SBY itu fair dalam mencari Capres RI," kata Sutan saat dihubungi Sindonews, Senin (29/7/2013).

Sutan juga mengatakan, SBY tidak memiliki jagoan dalam mekanisme tersebut, sehingga semua proses akan diserahkan kepada masyarakat untuk memilih, dan pelaksanaannya akan dilakukan oleh komite konvensi yang sebagian besar diisi oleh tokoh independen.

"Tidak ada sama sekali jagoannya (SBY)," tuntasnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat akan melakukan konvensi semi terbuka untuk menjaring capres yang akan diusung dalam pesta demokrasi tahun depan.

Sejumlah nama pun telah digadang-gadangkan akan menjadi calon peserta pada mekanisme itu, mereka adalah Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie, Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo, Ketua Dewan Syuro PBB Yusril Ihza Mahendra dan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal.

 

(stb)

 

shadow