Berita

Jelang mudik, banyak bus di Bali tak layak operasi

Pande Yudha

Selasa,  23 Juli 2013  −  02:24 WIB
Jelang mudik, banyak bus di Bali tak layak operasi
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Denpasar melakukan sidak dadakan di kawasan Terminal Ubung, Denpasar, sebagai bentuk antisipasi kendaraan menjelang mudik Lebaran nanti.

Dalam sidak yang dilakukan Senin (22/7/2013) itu, Dishub memeriksa puluhan bus antar kota dan provinsi. Tahap pemeriksaan di mulai dari kondisi bus dari dalam hingga luar.
 
Dari pemeriksaan tersebut, petugas menemukan beberapa kaca bus pecah dan ban bus yang robek. Artinya, banyak kendaraan yang dinilai belum layak dan membahayakan para pemudik.

Selain memeriksa fisik kendaraan, Dishub juga melakukan pemeriksaan kelengkapan surat - surat, baik armada maupun surat mengemudi bagi sopir bus.

Kepala UPT Terminal Ubung Denpasar, Anak Agung Eka Putra, mengatakan jika temuan tersebut jelas merupakan masalah, dan dampaknya bisa mengganggu ketertiban lalu lintas.

“Jika kondisi ini dibiarkan, dikhawatirkan akan membahayakan perjalanan warga saat mudik Lebaran nanti. Dalam waktu dekat kami akan menimbau kepada pemilik bus untuk memperbaiki busnya," jelas Eka.

Pemeriksaan ini sendiri menurutnya akan terus dilakukan hingga mendekati masa mudik nanti. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan rasa amandan nyaman bagi pemudik.

 

(rsa)

 

shadow