Hukum

Marzuki: Surat untuk SBY inisiatif pribadi Priyo

Haris Kurniawan

Senin,  15 Juli 2013  −  13:49 WIB
Marzuki: Surat untuk SBY inisiatif pribadi Priyo
Ketua DPR Marzuki Alie (Dok Okezone)

Sindonews.com - Ketua DPR RI Marzuki Alie menjelaskan, jika surat Wakil Ketua Priyo Budi Santoso untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 adalah inisiatif pribadi.

Dirinya pun tak mempersoalan surat yang disampaikan Priyo kepada SBY. Pasalnya, politikus Partai Golkar itu memiliki kewenangan untuk mengurusi masalah hukum sesuai dengan bidangnya.

"Enggak, itu inisiatif Pak Priyo, sebagai koordinator bidang hukum punya kewenangan menyampaikan aspirasi," kata Marzuki di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (15/7/2013).

Dirinya pun mengaku biasa melakukan hal serupa jika mendapatkan aspirasi dari masyarakat dengan menyurati pihak terkait dalam surat yang diterimanya.

"Saya sering juga menerima aspirasi, bagaimana saya menyurati kementerian. Yah, pimpinan kan alat kelengkapan juga, kewajiban memperjuangkan aspirasi," tuntasnya.

Sebelumnya, Priyo menerima surat sebanyak 109 dari terpidana kasus korupsi. Mereka mengadu kepada DPR RI karena merasa dirugikan dengan terbitnya PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Karena bertindak sebagai Pimpinan DPR dirinya pun meneruskan surat tersebut kepada pihak terkait dan Presiden SBY hingga akhirnya menjadi polemik, termasuk dengan ICW.

 

(kri)

 

shadow