Sektor Riil

Ide atasi kemacetan minta diterapkan tahun ini

Dana Aditiasari

Kamis,  4 Juli 2013  −  10:58 WIB
Ide atasi kemacetan minta diterapkan tahun ini
Foto : Ist

Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menargetkan dapat segera menerapkan ide penanggulangan kemacetan yang berhasil dihimpun dari masyarakat pada tahun ini.

"Kita targetkan penerapannya bisa tahun ini. Tapi detailnya bisa tanya Jasa Marga karena mereka yang mengerjakan," ujar Dahlan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Penerapan proyek pembangunan ruas jalan untuk menanggulangi kemacetan ibu kota yang dimaksud adalah melingkupi tiga titik, yakni Cawang, perempatan Kuningan/Gatot Subroto dan jalan layang Tomang.

Untuk titik pertama dan ketiga, yakni Cawang dan jalan layang Tomang akan dikerjakan sepenuhnya oleh PT Jasa Marga. Sementara untuk perempatan Kuningan/Gatot Subroto akan dikerjakan oleh Dirjen Bina Marga di bawah Kementerian Pekerjaan Umum.

"Harus disepakati sekarang. Saya siap dukung karena kalau tidak sekarang, saya tidak bisa bayangkan bagaimana kemacetan dua atau tiga tahun mendatang," kata Dahlan.

Sementara Direktur Utama JSMR, Adityawarman menerangkan, ide solusi kemacetan dari masyarakat baru bisa diterapkan pada awal tahun depan karena masih harus melewati tahap kajian dan perizinan dari Kementerian PU. Untuk kebutuhan proyek mengatasi kemacetan, JSMR telah menyiapkan dana Rp400 miliar.

Dia menjelaskan, solusi mengatasi kemacetan itu lahir dari 10 ide terbaik yang disumbangkan oleh masyarakat dalam sayembara yang digelar perseroan beberapa waktu lalu.

Sebanyak 10 ide tersebut telah melewati tahap seleksi ketat terhadap 1.016 ide yang masuk selama empat bulan penyelenggaraan sayembara. "Dari 1.016 usulan tersebut, kami pilih 10 yang terbaik," ujarnya dalam kesempatan terpisah.

 

(rna)

 

shadow