Sosial & Budaya

Ini program studi yang diminati peserta di SIMAK UI

Marieska Harya Virdhani

Minggu,  30 Juni 2013  −  12:51 WIB
Ini program studi yang diminati peserta di SIMAK UI
Para peserta SIMAK UI sedang mengerjakan soal, Minggu (30/6). (Foto: Marieska Harya Vidhanti/Okezone)

Sindonews.com - Universitas Indonesia (UI) hanya mencari 20 persen calon mahasiswa terbaik melalui program Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI).

Pejabat Rektor UI Muhammad Anis mengatakan pada SIMAK UI 2013, program studi yang paling diminati di program sarjana reguler adalah kedokteran sebanyak 4.928 orang, sedangkan program S1 pararel yang paling diminati adalah ilmu hukum dengan jumlah peminat sebanyak 2.481 orang. Selain itu, program studi yang paling diminati pada jenjang vokasi adalah komunikasi dengan jumlah peminat sebanyak 1.450 orang.

Anis mengatakan daya tampung UI tahun ini bertambah 80 kursi karena ada dua pgrogram studi yang baru dibuka yakni ilmu ekonomi islam, dan bisnis islam, dimana masing - masing prodi menerima 40 calon mahasiswa.

"Jadi ada tambahan 80 kursi, dan peserta dari luar negeri tak akan efektif palingan hanya 2-3 orang," ujarnya kepada wartawan usai kunjungan ke ruang ujian SIMAK, di Kampus UI Depok, Minggu (30/06/2013).

Anis menambahkan pihaknya hanya mencari 20 persen mahasiswa dari masing - masing program studi dimana sebelumnya sudah diambil dari SNMPTN dan SBMPTN. Materi soal yang diujikan pada SIMAK UI 2013 untuk program Vokasi dan Sarjana adalah kemampuan IPA dan kemampuan dasar, kemampuan IPS dan kemampuan dasar.

"Kedokteran dari jumlah kursi 180 hanya 36 calon dokter yang terbaik yang kita ambil dari jumlah peserta SIMAK, kita tambah kalau ada yang tidak daftar ulang. Lalu Fakultas Hukum dari jumlah kursi 300, hanya 60 calon mahasiswa yang kita cari," ungkap Anis.

 

(rsa)

 

shadow