Sosial & Budaya

Renovasi Masjidil Haram sampai 2016

Ayu Rachmaningtyas

Kamis,  27 Juni 2013  −  01:02 WIB
Renovasi Masjidil Haram sampai 2016
Ilustrasi, (SINDOphoto).

Sindonews.com - Perluasan Masjidil Haram direncanakan memakan waktu tiga tahun sampai dengan 2016. Hal ini dipastikan akan berakibat pada seluruh jumlah kuota jemaah haji di dunia termasuk Indonesia sebagai negara mayoritas Islam yang jumlah antriannya melebihi 10 tahun.

Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Agama (Kemenag) Zubaidi mengatakan, informasi terbaru yang disampaikan didapatkan saat ini, bahwa renovasi Masjidil Haram baru akan selesai direnovasi diperkirakan sampai 2016.

Tentunya, hal ini akan mempengaruhi jumlah kuota haji yang akan berangkat sampai 2016.
"Informasi yang didapat dalam perjalanan Menag ke Arab Saudi bahwa renovasi Masjidil Haram masih akan berlangsung tiga tahun kedepan. Tetap jumlah kuota haji akan dikurangi," tandasnya saat dihubungi KORAN SINDO, Rabu (26/6/2013).

Menurutnya, belum dapat dipastikan pemotongan kuota haji untuk 2014. Tetapi melihat renovasi yang saat ini dilakukan, pemotongan untuk kuota haji tahun ini setiap dunia 20 persen. Makan kemungkinan akan bisa kurang dari 20 persen untuk tahun-tahun berikutnya.

"Belum bisa dipastikan untuk pemotongan jumlah kuota tahun depan dan tahun-tahun berikutnya sampai 2016. Kita lihat renovasi sekarang ini pemotongan 20 persen. Nanti akan dipertimbangkan melihat penyelesaian yang ada di sana," ujar dia.

 

(maf)

 

shadow