Makro

Pertemuan APEC akan bahas financial inclusion

Pertemuan APEC akan bahas financial inclusion
Foto : Ist

Sindonews.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan bahwa financial inclusion (inklusi keuangan) merupakan salah satu aspek penting yang akan dibahas di dalam pertemuan Asia Pacific Economic Coorperation (APEC) yang akan diadakan di Bali pada Oktober 2013 mendatang.

"Financial inclusion itu masuk dalam equitable development.  Salah satu pilar di dalam pertemuan APEC menyangkut financial inclusion, yang sangat penting di dalam pemerataan pembangunan tidak hanya antar kawasan dan daerah tapi juga antar individu," ujarnya di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Hatta menyebut salah satu contoh penerapan financial inclusion yang dilakukan Indonesia adalah penerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mewujudkan masyarakat yang terjangkau oleh bank.

"Itu fokus negara APEC, bagaimana financial inclusion bisa mengurangi kesenjangan antar negara agar tidak terlalu jauh. Karena kalau terlalu jauh, maka dalam konteks free trade akan menyulitkan karena harus ada capacity building," jelasnya.

(rna)

views: 667x

 

shadow