Sosial & Budaya

Road to SBMPTN

Agar tak salah pilih perguruan tinggi dan prodi

Agar tak salah pilih perguruan tinggi dan prodi
(Istimewa)

Sindonews.com - Memilih perguruan tinggi negeri (PTN) dan program studi (prodi) menjadi hal yang membingungkan bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Calon mahasiswa berharap memilih PTN yang diimpikannya sejak sekolah dengan prodi yang diminati pula. Sebanyak 62 PTN dapat dipilih oleh calon mahasiswa yang akan mengikuti SBMPTN, dan puluhan prodi dari ilmu bidang saintek, sosial dan hukum, di masing-masing PTN juga menjadi pilihan yang membingungkan calon mahasiswa.

Agar PTN dan prodi yang menjadi pilihan calon mahasiswa tidak salah atau tidak disesali, maka sebaiknya calon mahasiswa mempelajari baik-baik tentang 62 PTN yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, dan prodi yang sesuai minat atau bidang ilmu.

Dalam SBMPTN, pemilihan PTN dikelompokan dalam empat wilayah. Untuk mencermati daftar ke 62 PTN tersebut, dapat dilihat di www.sbmptn.or.id. PTN paling bergengsi seperti Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Institut Pertanian Bogor (IPB), berada di wilayah I.

Sementara PTN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, berada di wilayah II. Sedangkan PTN Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Brawijawa (Unbraw) Malang, berada di wilayah III.     

Setelah menentukan PTN, calon mahasiswa dapat menentukan prodi yang diinginkan. Yang terpenting adalah prodi yang diinginkan calon mahasiswa terselenggara di PTN yang sudah dipilih. Masing-masing universitas memiliki keunggulan prodi yang berbeda.

Untuk mengetahui prodi terbaik pilihan calon mahasiswa dapat meangkes laman resmi PTN yang telah dipilih. seperti UI di http://simak.ui.ac.id, IPB di http://admisi.ipb.ac.id, ITB di http://usm.itb.ac.id, Unpad di http://www.unpad.ac.id.

Kemudian Undip di http://www.undip.ac.id, UGM di http://um.ugm.ac.id, ITS di http://smits.its.ac.id, Unbraw di http://www.ub.ac.id.

Bagi calon mahasiswa yang ingin memantapkan ujian tulis SBMPTN pada 18-19 Juni 2013, dapat mengikuti try out SBMPTN secara daring (online) di www.sindonews.com, pada 11-12 Juni 2013. 


(lal)

views: 3.569x

 

shadow