Sosial & Budaya

Manfaat senam jantung mampu lancarkan peredaran darah

Marieska Harya Virdhani

Kamis,  23 Mei 2013  −  14:43 WIB
Manfaat senam jantung mampu lancarkan peredaran darah
Ilustrasi, (SINDOphoto).

Sindonews.com - Memiliki jantung sehat tentu menjadi harapan setiap orang. Untuk memelihara jantung kita, dapat dilakukan dengan senam jantung sehat.

Seperti yang dilakukan oleh Klub Jantung Sehat di Depok, Jawa Barat. Anggota yang ada bahkan sudah mencapai ribuan, mulai dari tingkat SD, remaja, hingga dewasa.

Instruktur Klub Senam Jantung Sehat, Lestari mengatakan, senam jantung memiliki segudang manfaat. Pertama yakni untuk melancarkan peredaran darah demi kesehatan jantung. Selain itu, kata dia, tentunya lebih memasyarakatkan olah raga akan semakin digemari.

"Jadi sehat kan kalau peredaran darahnya lancar, untuk memasyarakatkan olah raga, biar warga mau berolahraga," ujarnya kepada wartawan, di Balai Kota Depok, Kamis (23/05/2013).

Ia mengajak masyarakat untuk jangan beranggapan, bahwa senam jantung hanya untuk orang - orang yang mengidap penyakit jantung. Tetapi justru untuk mencegah penyakit jantung dan membuat badan menjadi bugar.

"Cegah penyakit jantung dan mengurangi kadar gula darah dengan membakar kalori, sehingga bisa mencegah penyakit diabet," jelasnya.

Diketahui, jika senam jantung ini rutin dilakukan, tentunya akan membawa kebaikan untuk kesehatan jantung. Di Indonesia, senam jantung sudah cukup populer. Bahkan senam jantung sudah dibuat sampai beberapa seri dan cocok digunakan oleh semua orang.

Beberapa manfaat dari senam jantung ini adalah memperlancar aliran darah di seluruh tubuh dalam 24 jam. Apalagi saat usia bertambah, performa jantung akan berkurang. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan jantung. Senam jantung berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

 

(maf)

 

shadow