Hukum

Jawaban KPK soal 45 wanita diduga terkait Fathanah

Slamet Riadi

Kamis,  23 Mei 2013  −  17:57 WIB
Jawaban KPK soal 45 wanita diduga terkait Fathanah
Sefty Sanustika dan Ahmad Fathanah, (SINDOphoto).

Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mengetahui mengenai data yang beredar bahwa uang tersangka kasus dugaan suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian (Kementan), Ahmad Fathanah (AF) mengalir ke-45 perempuan.

Melalui Juru Bicara (Jubir) KPK, Johan Budi mengatakan, data yang beredar bukan dari lembaganya. "Data yang beredar kalangan umum, itu bukan dari KPK, kita tidak tahu,"  kata Johan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2013).

Lebih jauh Johan menjelaskan, data 45 perempuan yang dikabarkan menerima uang dari Fathanah belum tentu sama dengan data dari Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keungan (PPATK) yang diserahkan ke KPK. "Nama-nama itu belum tentu sama dengan hasil analisis PPATK yang diberikan ke KPK," kata dia.

Ketika dikonfirmasi apakah KPK akan melakukan pemanggilan terhadap nama-nama yang beredar. Johan tidak bisa menjamin. "Belum tentu dipanggil, karena bukan dari KPK," pungkasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun wartawan, Fathanah diduga telah mengalirkan uangnya ke 45 orang yang mempunyai hubungan dekat dengannya. Sebagian besar dari 45 nama tersebut adalah wanita.

Ada pun 45 orang yang diduga menerima aliran dana Fathanah sebagai berikut, silakan klik link ini.

 

(maf)

 

shadow