Politik

Ini nama-nama capres ideal Partai Demokrat

Ini nama-nama capres ideal Partai Demokrat

Sindonews.com - Sederet nama mulai bermunculan untuk digadang sebagai calon presiden (capres 2014). Partai Demokrat juga mulai menyebut sejumlah nama capres ideal yang akan diusungnya.

Ketua Departemen Hubungan Luar Negeri Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Kastorius Sinaga menilai, Gita Wirjawan salah satu figur capres yang layak diusung partainya.

Selain Gita, Kastorius juga menyebut sejumlah nama tokoh muda lainnya, Seperti Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo.
Tokoh militer mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowo, yang juga adik dari Ibu Negara Ani Yudhoyono ini, juga disebut Kastorius pantas menjadi presiden pengganti Susilo Bambang Yudhoyono.

"Bisa saja kan pasangannya pak Gita Wirjawan dengan Jokowi, Pramono Edhie Wibowo-Jokowi, Gita Wirjawan-Pramono Edhie Wibowo, atau bahkan Hary Tanoesoedibjo dengan Gita Wirjawan. Sangat mungkin terjadi kan, kenapa tidak ?," ujar Kastorius, di Jakarta, Minggu (19/5/2013).

Lebih lanjut dia menuturkan, antara Gita Wirjawan dengan Hary Tanoesoedibjo memiliki potensi sebagai pemimpin di masa depan. "Gita Wirjawan dengan Hary Tanoesoedibjo ini sama-sama dari kalangan muda dan bersih," katanya.

Keduanya, lanjut Kastorius, juga tergolong tokoh yang sukses dibidangnya masing masing. "Masyarakat juga sedang menunggu calon-calon atau tokoh-tokoh diluar mainstream. Karena Mainstream ini telah tersandera oleh elite politik yang elektabilitasnya dibawah lima persen. Seperti Megawati dengan PDI Perjuangan, Golkar terjebak dengan Ical (Aburizal Bakrie)," tuturnya.

Seperti diketahui, Partai Demokrat akan menggelar konvensi capres 2014 secara terbuka, untuk melakukan penjaringan capres yang akan diusung partai berlambang mercy ini. Demokrat menyadari kader politiknya tidak cukup mumpuni untuk diusung sebagai capres pengganti Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.



(lal)

views: 1.541x

 

shadow