Sumatera

Curi ikan, Kapal Malaysia ditangkap Kapal Patroli HIU

Rusli HR

Sabtu,  18 Mei 2013  −  20:33 WIB
Curi ikan, Kapal Malaysia ditangkap Kapal Patroli HIU
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Kapal ikan berbendera Malaysia, ditangkap kapal patroli HIU 03 dari Pengawas Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, saat melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia, Jumat (17/5) malam.

Setelah berhasil ditangkap, kapal ikan berbendera Malaysia, dengan lima orang anak buah kapal berkebangsaan Myanmar itu, ditarik ke Dermaga Gudang 001, Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.
 
Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Syahrin Abdurrahman, yang datang meninjau ke Pelabuhan Belawan, Sabtu (18/5), mengatakan, setelah ditarik ke dermaga Pelabuhan Belawan dan dilakukan penyidikan, kapal ikan dengan nomor lambung PKFA 7787 itu terindikasi cukup terbukti melanggar tindak pidana perikanan.

"Mereka tidak mempunyai izin maupun menggunakan alat tangkap yang merusak lingkungan. Mereka menggunakan alat tangkap trawl," jelasnya.

Syahrin Abdurrahman juga menjelaskan, sebenarnya ada lima kapal ikan asing yang masuk ke wilayah perairan Indonesia dengan tujuan melakukan pencurian ikan. Namun karena cuaca yang cukup buruk, disertai ombak besar, empat kapal ikan lainnya berhasil melarikan diri, yang akhirnya petugas kapal patroli hanya berhasil menangkap satu kapal ikan berbendera Malaysia.

"Setelah melakukan penyidikan terhadap kelima anak buah kapal ikan yang ditangkap ini, kami akan segera menyerahkan kepada petugas Kejaksaan, sehingga cepat P21 sesuai amanat kita dengan undang-undang yang berlaku, di negara ini," jelasnya.

 

(rsa)

 

shadow