Pilkada

Kekayaan Cabup OKI terlambat dihitung

Muhammad Rohali

Jum'at,  17 Mei 2013  −  14:44 WIB
Kekayaan Cabup OKI terlambat dihitung
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Sampai saat ini baik masyarakat maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) belum mengetahui berapa jumlah harta kekayaan masing-masing pasangan calon Bupati OKI yang akan bertarung di Pilkada 6 Juni 2013 mendatang. Padahal tanggal 20 Mei 2013 nanti sudah mauk tahapan kampanye.

“Sampai saat ini kita masih menunggu Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kita akui memang terjadi keterlambatan penghitungan harta kekayaan 6 kandidat yang akan maju di Pilkada OKI 6 juni mendatang,” kata Dedi Irawan Kasubag Humas dan Teknis Pemilu KPU OKI, saat ditemui di ruang kerjanya (17/5/2013).

Menurut Dedi, LHKPN KPK memang terlambat dalam menghitung harta kekayaan masing-masing pasangan cabub OKI, karena sebelumnya  para pasangan cabub ini melaporkan sendiri harta kekayaannya ke KPK tanpa didampingi anggota KPUD atau di bekali SK dari KPU.

”Karena dana kita terlabat turun, sehingga kita tidak sempat mengawal para kandidat melaporkan hartanya ke KPK, karena tidak ada SK dari KPU, sehingga KPK belum menghitung harta kekayaan mereka, karena KPK harus mengetahui dulu apakah memang menar mereka ada kandidat Bupati,"  jelasnya.

Pihaknya sudah mengecek langsung ke LHKPN KPK, untuk segera meminta agar laporan harta kekayaan kandidat Bupati Oki sduah direkap.

”Untung saja kita cek ke KPK, sehingga LHKPN KPK yakin kalau 6 kandidat memang calon bupati OKI, pihak LHKPN janji dalam satu minggu harta kekayaan 6 pasangan kandidat Bupati OKI sudah dilaporkan K KPU OKI,” bebernya.

Dalam Pilkada OKI, ada enam kandidat yang akan bertarung, yaitu Brigjen Purn Bahir Alamsyah-Baharudin Ali dan Sri Anggraini-Suyahman yang maju dari jalur independen. Kemudian pasangan yang diusung partai, Zaitun Mawardi- Herman Thalib, Iskandar SE-Muahammad Rivai, Hj Tartila Ishak – Arif Akhadi, dan Pasangan Yusuf Mekki-Tri Kuncoro Hadilukito.

 

(ysw)

 

shadow