Sosial & Budaya

Pembekalan siswa untuk tangkal narkoba

Ridwansyah

Jum'at,  17 Mei 2013  −  01:01 WIB
Pembekalan siswa untuk tangkal narkoba
ilustrasi.Okezone

Sindonews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) terus melakukan sosialisasi terkait bahaya narkoba dan peran pemuda untuk mengantisipasinya. 

Peredaran gelap narkoba saat ini sudah mengkhawatirkan, jika pemahaman terhadap bahaya narkoba tidak disosialisasikan, maka ke depan generasi muda Indonesia akan terancam.

Kasi Media Cetak Subdit Media Non Elektronik Direktorat Diseminasi Informasi Deputi Bidang Pencegahan BNN, Wildah mengatakan, perang terhadap narkoba saat ini dilakukan dengan menanamkan pengertian dan pemahaman tentang narkoba itu sendiri. 

Jika pemuda sudah mengetahui lebih banyak keburukannya, maka otomatis tidak akan ada yang mau membeli narkoban. 

"Jika dahulu perang menggunakan senjata, saat ini kita berperang menggunakan otak untuk berprestasi tanpa narkoba," tuturnya dalam acara diskusi bertema "Pelajar Sebagai Agen Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Sekolah," Kamis (16/5/2013)
 
Lebih lanjut Wildah menjelaskan, cara menghindari narkoba adalah dengan mengenal diri sendiri. Pelajar perlu menjadi percaya diri dan tingkatkan harga diri, terampil dalam berkomunikasi, terampil mengambil keputusan dan yang paling penting adalah terampil untuk menolak.

"Jadilah dirimu sendiri karena anda adalah orang yang sangat unik dan bahwa setiap orang berbeda," tuturnya.

 

(lns)

 

shadow