Politik

Ormas masih dibutuhkan di Indonesia

Ormas masih dibutuhkan di Indonesia
Ilustrasi.

Sindonews.com - Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin menegaskan, keberadaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Indonesia saat ini masih diperlukan.

Din menjelaskan, PP Muhamadiyash sendiri adalah gerakan kebudayaan, kemasyarakatan, dan kebudayaan yang sudah cukup berkembang saat ini di Indonesia.

"Jadi ini bukan hanya kepentingan subyektif, tetapi lebih di dorong oleh sebuah motivasi untuk kepentingan yang lebih baik untuk bangsa," kata Din di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2013).

Dia juga mengungkapkan, fungsi ormas dibagi menjadi tiga bagian yakni mengawal reformasi Indonesia, sebagai proses demokratisasi yang sedang berjalan dan segala kekurangan dan kelebihannya, maka perlu konsolidasi demkrasi. Selain itu ormas juga dibutuhkan untuk menegakkan konstitusi.

"Sekarang di tengah globalisasi kita mengalami runtuhnya kedaulatan. Ini bukan gerakan kecil, tapi untuk bangsa dan negara," tegasnya.

Din menyayangkan, jika saat ini pihak pemerintah terus bersikeras untuk meloloskan RUU Ormas. Pasalnya, hal ini sendiri dianggap bertentangan dengan undang-undang yang telah ada sebelumnya.

"Berserikat dan berkumpul bukan domain negara. menurut kami ini anti konstitusi. Seharusnya diintegrasikkan dengan RUU Perkumpulan. Kami mengimbau mari lihat semua secara jernih," pungkasnya.


(mhd)

views: 930x

 

shadow