Sosial & Budaya

BNP2TKI lakukan penertiban & standarisasi penempatan TKI pelaut

Neneng Zubaidah

Selasa,  14 Mei 2013  −  20:01 WIB
BNP2TKI lakukan penertiban & standarisasi penempatan TKI pelaut
Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat (Dok BNP2TKI)

Sindonews.com - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) secara terus menerus melakukan penertiban, berikut standarisasi pelayanan penempatan terhadap TKI Pelaut. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan profesionalitas TKI pelaut dan sekaligus memastikan pemberian perlindungan selama mereka bekerja.
 
Demikian disampaikan Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat kepada pers disela-sela melakukan peninjauan ke LPK Sumber Bakat Insani ms Nieuw Jakarta di Jalan Gema Lapik RT 018/06 Pasir Konci, Lemah Abang, Cikarang-Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (14/05).

Jumhur mengatakan, sejauh ini masih banyak perusahaan manning agen -yakni perusahaan jasa yang merekrut dan menempatkan TKI Pelaut yang bekerja di Kapal Pesiar dan kapal-kapal berbendera asing- yang tidak memenuhi standar pelayanan penempatan.

"Standarisasi yang dimaksud terhadap perusahaan manning agen itu di antaranya harus memiliki tempat pelatihan keterampilan untuk calon TKI Pelaut yang layak. Kemudian, mempunyai hubungan langsung dengan perusahaan pemilik kapal yang mempekerjakan TKI," jelasnya.

Selain itu, memiliki perjanjian kerjasama penempatan antara manning agen dengan prinsipal (pemilik kapal), memiliki perjanjian penempatan antara calon TKI dengan manning agen, dan memiliki perjanjian kerja pelaut (antara TKI Pelaut dengan prinsipal).
 
Sebelumnya Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat meninjau kantor manning agen PT Sumber Bakat Insani di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta. Kemudian dilanjutkan meninjau LPK Sumber Bakat Insani ms Nieuw Jakarta di Cikarang, Bekasi. Turut mendampingi Deputi Penempatan Agusdin Subiantoro, Deputi Perlindungan Lisna Yoeliani Poleloengan, dan Direktur Pemberdayaan Arini Rahyuwati serta beberapa pejabat BNP2TKI lainnya.
 
Didalam peninjauan ke LPK Sumber Bakat Insani ms Nieuw Jakarta di Cikarang, Bekasi, Selasa siang itu Kepala BNP2TKI diterima Direktur Akademi Holland America Line, Robert W Nichols. Tenaga kerja pelaut di Holand America Line 60 persennya berasal dari Indonesia.

 

(kri)

 

shadow