Politik

Diprotes, SBY tetap terima penghargaan dari AS

Diprotes, SBY tetap terima penghargaan dari AS
Julian Aldrin Pasha (SINDOradio)

Sindonews.com - Meski mendapat protes, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tetap
akan menerima penghargaan negarawan dunia 2013 atau <i>World Statesman
Award</i>, dari organisasi yang mempromosikan perdamaian, demokrasi,
toleransi, dan dialog antar kepercayaan, <i>Appeal of Conscience Foundation</i> (ACF).

Perhargaan tersebut rencananya akan diberikan di sela kunjungan kerja Presiden SBY ke New York, Amerika Serikat, pada akhir Mei ini, dalam rangka penyerahan hasil panel tingkat tinggi program pembangunan pasca MDG's 2015 di Markas PBB.

"Ya tentu itu bentuk apresiasi dan penghargaan <i>based</i> penilaian orang independen yang sebelumnya PM Kanada dan lain-lain juga menerima awards yang sama, dan tahun ini direncanakan November, namun karena tahun ini Mei bapak Presiden akan hadir di New York untuk penyerahan HLP, maka akan disesuaikan,"ujar Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Lebih lanjut dia menuturkan, organisasi asal Amerika Serikat <i>Appeal of Conscience Foundation (ACF), adalah lembaga organisasi yang sangat kredibel dalam memberikan penghargaan kepada tiap Kepala Negara.

Julian pun menanggapi protes dari Solidaritas Korban Pelanggaran Kebebasan Beragama/Berkeyakinan (Sobat-KBB) terkait penghargaan kepada SBY tersebut.

"Begini, itu tidak bisa kita generalisir semua harus <i>case by case</i>, Ahmadiyah jadi sorotan publik tentu itu kita kembalikan pada apa yang kita lakukan pada tahun 2008 ada SKB tiga Menteri. Kalau itu dilaksanakan enam diktum yang dilaksanakan dalam SKB tiga menteri
tentu hal-hal itu tidak terjadi, tapi peristiwa terus berubah,"pungkasnya.

Seperti diketahui, Puluhan massa yang tergabung dalam Solidaritas Korban Pelanggaran Kebebasan Beragama/Berkeyakinan (Sobat-KBB), menyerahkan surat-surat protes kepada Kedutaan Amerika Serikat, Jakarta pada Senin 6 Mei 2013 kemarin. Protes tersebut terkait rencana
anugerah World Statesman yang diberikan The Appeal of Conscience Foundation kepada Presiden SBY.


(lal)

views: 1.275x

 

shadow