Politik

Besok, KPU panggil 12 parpol

Besok, KPU panggil 12 parpol
Ilustrasi (Sindonews)

Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana untuk memanggil 12 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 terkait hasil verifikasi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang telah didaftarkan sejak 22 April 2013.

Komisioner KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya akan menyerahkan seluruh hasil verifikasi bacaleg termasuk persyaratan yang masih belum dilengkapi oleh bakal calon tersebut.

"Sementara ini kita rencanakan parpol kita undang, jadi 12 parpol itu kita undang lalu akan kita serahkan hasil verifikasi kita," kata Arief saat ditemui di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2013).

Arief melanjutkan, dalam publikasi bacaleg ini mereka belum akan mengumumkan ke masyarakat terkait hasil verifikasi itu lantaran belum menjadi daftar calon sementara (DCS).

"Sebetulnya dalam tahapan kita yang diumumkan ke publik dan mendapat tanggapan masyarakat itu nanti setelah jadi DCS, ini kan masih pemeriksaan dan masih diganti-ganti," terangnya.

Sebelumnya, hari ini, KPU menggelar rapat pleno untuk membahas hasil verifikasi nama-nama bacaleg yang telah diajukan Parpol.

"Kami melakukan rapat pleno terhadap hasil verifikasi yang sudah dilakukan oleh verifikator kita. Jadi pleno ini, merupakan pencermatan yang kita lakukan. Ketika kita melakukan verifikasi terhadap calon peserta pemilu yang kemarin menyerahkan itu," katan Arief.

Dikatakan dia, apa yang dilakukan komisioner dalam menindaklanjuti hasil verifikasi tidaklah jauh berbeda dengan yang telah dijalankan oleh tim verifikator KPU.

"Sebetulnya mekanismenya sama dengan yang kemarin, yang dilakukan verifikator kemudian dicermati lagi oleh komisioner, apakah cara pengambilan keputusan mereka sesuai atau tidak baru kita putuskan, jumlah verifikator ada 4 sampai 6 orang sebanyak 12 parpol," jelasnya.


(kri)

views: 1.115x

 

shadow