Sektor Riil

BPS: Pengurangan subsidi BBM timbulkan dua dampak

Ameidyo Daud

Senin,  29 April 2013  −  14:03 WIB
BPS: Pengurangan subsidi BBM timbulkan dua dampak
Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, terkait dampak pengurangan subsidi Bahan Bakar minyak (BBM) berupa pemisahan dua harga BBM memiliki dua dampak terhadap inflasi.

"Kalau sama BBM kita kemarin hitung memang ada inflasi, tetapi ada temuan bahwa pembatasan BBM ini menimbulkan dua dampak. Langsung apabila dua harga, dan tidak langsung apabila kenaikannya satu harga," jelasnya di gedung BPS, Jakarta, Senin (29/4/2013).

Dia menyebut, apabila kenaikan harga BBM ini dua harga, maka hanya pelat hitam yang akan berpengaruh yang mana akan menimbulkan dampak langsung karena kendaraan pelat hitam diisi oleh para konsumen langsung BBM untuk transportasi.

"Walaupun memang ada beberapa pelat hitam yang dipakai untuk kendaraan niaga dan transportasi umum, sedangkan dengan pelat kuning dengan pembatasan harga tidak terpengaruh," lanjutnya.

Sedangkan apabila kenaikan harga BBM satu harga (melibatkan pelat hitam dan kuning), maka selain dampak langsung, akan ada dampak tidak langsung dimana kenaikannya melibatkan pelat kuning yang mayoritas digunakan sebagai kendaraan distribusi dan angkutan umum dan akan mengakibatkan kenaikan harga yang berujung inflasi.

"Kalau kenaikannya satu harga dan melibatkan kendaraan pelat kuning maka akan kena ke biaya produksi karena ada biaya-biaya yang mempengaruhi harga industri, di antaranya harga bahan baku dan bahan baku penolong (penunjang). Tetapi memang ada efek lain yang perlu dilihat juga," tandasnya.

 

(gpr)

 

shadow