Hankam

Tak ada pergantian Kapolri Agustus 2013

Tak ada pergantian Kapolri Agustus 2013
Kapolri Jendral Polisi Timur Pradopo (dok. Okezone)

Sindonews.com - Indonesia Police Watch (IPW) tidak meyakini akan ada pergantian terhadap Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo pada bulan Agustus 2013 ini. Wacana itu hanya dianggap sebagai isapan jempol saja, karena pergantian ini hanya bermuatan politik.

"Saya tidak yakin akan ada pergantian (Kapolri) Agustus ini. Isu pergantian Kapolri yang muncul belakangan ini tak lebih hanya bagian dari manuver kepentingan politik tertentu," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane kepada Sindonews, Rabu (24/4/2013).

Dia menambahkan, pergantian Kapolri yang cepat seperti ini belum pernah terjadi dari zaman sebelumnya. Maka itu, kata dia, sejarah pergantian Kapolri itu sesuai dengan masa pensiunnya.

"Selama ini, sejak era Sutanto dan Bambang Hendarso pergantian Kapolri dilakukan saat pejabatnya pensiun. Tradisi ini sudah diyakini jajaran Polri. Sebab itu pergantian Timur Pradopo harus dilakukan Presiden ketika yang bersangkutan pensiun pada Januari 2014," paparnya.

Sebelumnya, melalui laman situs resmi Sekretaris Kabinet (8 April 2013), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo akan diganti pada bulan Agustus 2013.

"Panglima TNI akan memasuki masa pensiun. Kapolri sebanarnya sampai Januari tahun depan. Tapi karena Kapolri memiliki tugas penting berkaitan dengan Pemilu 2014, justru penggantiannya tidak bisa mendekati tahun itu," katanya.

Bahkan dalam hal ini, Kompolnas sedang melakukan kuesioner untuk mendapatkan masukan dari kalangan masyarakat tentang Kapolri yang diharapkan publik.

(mhd)

views: 636x

 

shadow