Hankam

Pengganti Kapolri harus bintang 3 atau 2

Mihardi

Rabu,  24 April 2013  −  06:04 WIB
Pengganti Kapolri harus bintang 3 atau 2
Kapolri Jendral Polisi Timur Pradopo (dok. Okezone)

Sindonews.com - Mesti masa pensiun Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo akan berakhir pada awal 2014 mendatang, tetapi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mempercepat pergantian itu sekira bulan Agustus mendatang.

Bahakan Komisi Kepolisi Nasional (Kompolnas) sudah mengantongi delapan nama kandidat yang layak menggantikan jenderal bintang empat itu.

"Yah bisa dibilang begitu (kantongi delapan nama). Pengganti Kapolri (Timur Pradopo) harus bintang dua atau tiga," kata angggota Kompolnas Adrianus Eliasta Meliala saat dihubungi Sindonews, Rabu (24/4/2013).

Kendati demikian, kata dia, para kandidat yang akan maju sebagai pengganti Timur tidak boleh berdekatan dengan waktu pensiunnya. "Waktu pensiunnya tidak kurang dari dua tahun," pungkasnya.

Pada kesempatan itu dia mengatakan, pengganti Timur harus memiliki kemampuan yang baik, sehingga bisa membawa citra kepolisian menjadi baik lagi.

"Pengganti Timur harus yang pintar, memiliki integritas, yah sesuai keinginan masyarakat," kata pengamat Kriminolog Universitas Indonesia (UI) ini.

Sekadar diketahui, di dalam internal Polri sekarang ini ada tujuh pejabat yang berbintang tiga, di antaranya adalah Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Sutarman, Kepala Baharkam Komjen Oegroseno, lalu Kepala Bagian Intelkam Komjen Imam Soejarwo.

Kemudian ada Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Komjen Fajar Prihantoro, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Anang Iskandar, Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Komjen Budi Gunawan, dan Wakil Kepala Polri Nanan Sukarna.

Kendati demikian, ada empat yang akan pensiun dalam waktu kurang dari dua tahun, mereka adalah Imam Soejarwo, Fajar, Nanan dan Oegroseno.

Sedangkan bintang duanya ada Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Suhardi Alius, Kapolda Jawa Barat Irjen Tubagus Anis, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Saud Usman, dan Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Mudji Waluyo.

Dipercepatnya pergantian Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo untuk mempersiapkan keamanan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2014 mendatang. Bahakn, SBY tidak hanya mengganti Kapolri saja, poisisi Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono juga dikabarkan akan diganti.

 

(mhd)

 

shadow