Politik

500 bacaleg Kota Depok didominasi wajah lama

500 bacaleg Kota Depok didominasi wajah lama
Ilustrasi (Istimewa)

Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menutup pendaftaran penyerahan Daftar Calon Sementara (DCS) atau bakal calon legslatif (bacaleg) secara serentak. Di Depok, sebanyak 500 caleg akan memperebutkan 50 kursi di DPRD Kota Depok.

Rata-rata, bacaleg yang mendaftar adalah pemain lama. Jarang dari mereka yang merupakan pendatang baru (new comer).

Seperti halnya di Partai Amanat Nasional (PAN), masih menjagokan caleg yang saat ini masih menjabat. Yakni Enthy Sukarti, Lilis Latifah, Fitriono, TB Acep. Sama halnya dengan Partai Golkar di antaranya Babay Suhaimi, Naming Bothing, Ervan Teladan.

Kemudian PKS adalah Suparyono, Mutaqin, Abdul Ghofar, dan Said, dan Qurtifa Wijaya. Hal itu dibenarkan Anggota KPU Kota Depok Impi Khani Badjuri.

"Dari 500 caleg yang daftar banyak muka lama yang berlaga kembali. Kami belum tahu berapa jumlahnya karena belum diverifikasi," katanya kepada wartawan, Selasa (23/4/2013).

Menurut Impi, jenjang pendidikan para caleg tersebut lebih baik. Sebab umumnya mereka lulusan sarjana satu. Ada juga yang sudah lulus S2.

Sementara itu Ketua DPD PKS Depok Suparyono berdalih tak hanya wajah lama yang akan berduel di Pemilu Legislatif 2014, namun banyak pula pendatang baru. Sementara anggota dewan yang tak akan maju lagi yakni istri Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring (Sri Rahayu), dan Wakil Ketua DPRD Depok Prihandoko.

"Kalau Bu Yayuk tidak maju lagi karena di kami ada ketentuan, kalau suaminya sudah dicalonkan di daerah lain atau istrinya, tak boleh maju lagi. Karena Pak Tifatul akan jadi caleg nanti, lalu Pak Prihandoko akan fokus mengajar," tandasnya.


(kri)

views: 702x

 

shadow