Politik

PKS umumkan caleg DPR RI

Slamet Riadi

Selasa,  9 April 2013  −  12:58 WIB
PKS umumkan caleg DPR RI
Partai Keadilan Sejahtera, (Ist).

Sindonews.com - Hari ini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengumumkan calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI periode 2014-2019, pasalnya calon-calon tersebut sudah diseleksi sejak setahun lalu.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Muhammad Taufik Ridho mengatakan, semua daerah pemilihan di seluruh Indonesia sudah terisi semua, sehingga tidak ada daerah pemilihan (dapil) yang kosong.

"Tak ada dapil yang kosong, alhamdulillah semua dapil terpenuhi," ujar Taufik Ridho saat konferensi pers di ruang Fraksi PKS, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (9/4/2013).

Dari data PKS, partai dengan Presiden Anis Matta ini mencalonkan 487 calon anggota DPR RI, dengan komposisi 302 laki-laki atau 62,01 persen, sementara  caleg perempuan sebanyak 185 orang atau 37,99 persen.

Mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Barat (Jabar) ini mengakui, caleg PKS berdasarkan pendidikan SMA sebanyak lima persen, S1 53 persen, S2 32 persen dan S3 ada 15 persen.

Seperti diberitakan Sindonews sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menganulir caleg bermasalah, khususnya mengenai persyaratan ijazah pendidikan yang diajukan kepada lembaga pemilihan itu.

Ketua KPU Husni Kamil Manik menegaskan, pemeriksaan kebenaran ijazah baru akan dilakukan melalui tahapan verifikasi, itu pun dengan cara membuktikan legalisasi dari lembaga pendidikan yang menerbitkan ijazah tersebut.

"Kalau diverifikasi KPU akan melihat apa ada bukti legalisasi dari pendidikan yang menerbitkan, kalau lembaga pendidikan itu tentu dari pemerintah yang mengeluarkan legalisir," jelas Husni di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

 

(maf)

 

shadow