Sektor Riil

Dahlan pamerkan 3 model mobil listrik di KTT APEC

Dana Aditiasari

Selasa,  19 Maret 2013  −  12:27 WIB
Dahlan pamerkan 3 model mobil listrik di KTT APEC
Foto : Ist

Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku, timnya tengah bekerja keras menyelesaikan tiga model mobil listrik yang akan dipamerkan bertepatan dengan penyelenggaraan KTT Asia Pasific Economic Coorperation (APEC) 2013.

"Ada tiga macam mobil listrik yang sedang kita kerjakan. Kami bekerja keras, untuk arena APEC," terang Dahlan usai memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) BUMN di kantor Pusat PLN, Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Tiga jenis mobil tersebut, Dahlan menjelaskan, meliputi mobil jenis bus, SUV mewah dan minibus. "Ada bus, kemudian VVIP (super mewah) sejenis Alphard (SUV mewah), dan model Carry (minibus)," ungkap dia.

Selain ketiga jenis mobil tersebut, menurut mantan Direktur Utama PLN ini, pihaknya juga serius menyiapkan mobil listrik khusus sport. Terkait persiapan untuk mobil sport, diakui dia, pihaknya mempersiapkan tiga tim sekaligus.

"Yang (mobil) sport itu sedang dikerjakan oleh tiga tim, tim Riki, Dasep Ahmadi, sama Rafidesai," sebut Dahlan.

Untuk model sport, Dahlan menerangkan, rencananya akan dibandrol dengan kisaran harga Rp1,5 miliar per unitnya. Untuk nama, Dahlan menyebut, akan diberi nama Selo yang artinya batu, dengan harapan kedepannya kendaraan ini bisa menjadi tunggangan yang tangguh.

"Sport harganya mahal, sekitar Rp1,5 miliar. Sport akan dipamerkan nanti. Kenapa namanya Selo karena Selo artinya batu. Soal desainnya terserah Riki, saya belum lihat," tandasnya.

Diakuinya, sebelum siap dipamerkan, mobil-mobil tersebut akan terlebih dahulu melalui uji kelayakan. Uji kelayakan tersebut yang nantinya akan menentukan jenis mesin mana yang paling efisien untuk diterapkan sebelum diproduksi secara massal.

"Sebelum APEC akan ada tes uji kelayakan, yang pasti tidak ada emisi. Kan masing-masing ilmuwan punya prinsip masing-masing, dan itu harus dihormati. Ada yang pake gearbox ada yang tidak. Jadi kalau ada yang pakai gearbox menambah daya, mobil listrik kan harus irit," tutur dia. Sementara itu, KTT APEC sedianya akan digelar pada 7-9 Oktober 2013 di Nusa Dua, Bali.

 

(rna)

 

shadow