Timur Tengah

Iran & Hizbullah dituding perangi pemberontak Suriah

Yesi Syelvia

Rabu,  13 Maret 2013  −  18:42 WIB
Iran & Hizbullah dituding perangi pemberontak Suriah
Ali Imad Takla, seorang yang diduga berasal dari Tentara Garda Suriah (alarabiya.net)

Sindonews.com - Ali Imad Takla, seorang yang diduga berasal dari Tentara Garda Suriah menggatakan, Iran dan sekutunya, Hizbullah dari Libanon ikut berperang dengan pasukan yang setia mendukung pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.
 
Seperti diberitakan Al Arabiya, video yang menanyangkan pengakuan Takla telah diunduh secara online sejak awal pekan ini. Menurut rekaman video yang diambil secara amatir tersebut, Takla adalah tawanan kelompok Tentara Pembebasan Suriah (FSA).
 
Dia ditangkap saat FSA melawan militer Suriah yang dipimpin oleh Jenderal Yousef al-Masry di Daraya. Jenderal tersebut memerintahkan menyerang pemberontak dengan menggunakan rudal dan pesawat.
 
"Saya adalah tentara dari rezim pemerintah Suriah yang berbasis di  Souq al-Hadeed," ungkap Takla. Sayangnya, Al Arabiya tidak dapat memverifikasi kebenaran isi video tersebut secara independen.
 
Sebelumnya, FSA beberapa kali menuduh anggota Hizbullah dari Libanon telah membantu militer Suriah di Libanon. Mereka menyerang sejumlah desa di Suriah, terutama yang berdekatan dengan perbatasan Libanon.
 
Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah mengakui, bahwa beberapa anggotanya telah berjuang di Suriah. Namun menurut Nasrallah, langkah itu bukan atas perintahnya, melainkan kemauan pribadi anggota Hizbullah.


(esn)

views: 1.631x

 

shadow