Politik

Komunikasi politik SBY tidak konsisten

Haris Kurniawan

Rabu,  13 Februari 2013  −  19:11 WIB
Komunikasi politik SBY tidak konsisten
Ilustrasi.Okezone

Sindonews.com - Komunikasi politik yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mulai tidak konsisten. Jika sebelumnya SBY pernah menekankan komunikasi kepada menteri agar fokus kerja di akhir masa jabatan, tapi kini SBY sendiri terbelenggu dengan sikapnya yang mengurusi partai ketika terjadi kemerosotan elektabilitas.

"Nah ketika orang menilai, ada inkonsistensi antara citra dengan perilaku yang dijalankan. Bagaimana dia dahulu mengatakan agar menterinya fokus kerja, toh sekarang dia yang sibuk mengurusi partai, bagaiaman cara membagi waktu dan pikirannya," tukas Pakar Hubungan Masyarakat dari Universitas London School, Eduard Depari, kepada wartawan usai mengikuti diskusi bertajuk Hasrat Politik Versus Sahwat Politik di Warung Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2013).

Dia juga mengatakan jika hal itu dibiarkan, maka citra SBY yang sebelumnya meningkat akan kembali turun lantaran tidak konsistennya kepala negara dalam menyampaikan komunikasi sebelumnya dengan perilaku yang dilaksanakan. "Ini inkonsisten, citra bagus tapi reputasi tidak," tegasnya.

Eduard memprediksi, besar kemungkinan tidak konsistennya SBY juga akan berpengaruh dengan Partai Demokrat yang saat ini juga memang tengah dilanda konflik internal.

"Yah kan tidak konsisten itu, nantinya akan ada erosi kepercayaan baik Demokrat atau pun SBY," pungkasnya.

 

(lns)

 

shadow