Sumatera

Kerap mangsa ternak, ular phyton ditangkap warga

Budi Sunandar

Senin,  7 Januari 2013  −  15:23 WIB
Kerap mangsa ternak, ular phyton ditangkap warga
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Seekor ular phyton sepanjang lima meter ditangkap oleh warga di kawasan Kampung Bawah Asam, Siteba, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat. Setelah ditangkap, ular sepanjang lima meter itu diserahkan ke kebun binatang Bukittinggi.

Sebelumnya, warga kerap kehilangan ternak mereka dan ditenggarai dimakan ular phyton tersebut.

Menggunakan peralatan seadanya, sejumlah warga memburu reptil raksasa tersebut di sungai. Awalnya ular tersebut ditemukan oleh salah seorang warga di samping kamar mandi dan lari ke pinggir sungai.

Setelah dikepung, ular tersebut akhirnya berhasil ditangkap warga bersama-sama di pinggir sungai yang biasa digunakan oleh warga untuk mencuci.

Penangkapan ular ini sempat menjadi tontonan warga setempat. Diduga, ular phyton inilah yang selama ini memangsa unggas ternak warga setempat.

"Kemungkinan ular ini yang suka makan ternak milik warga. Karena beberapa hari belakangan banyak ayam warga yang hilang," ujar Ruswandi warga Kampung Bawah Asam, Senin (7/1/2013).

Akhirnya, ular sebesar paha orang dewasa itu dimasukan dalam karung dan selnjutnya dibawa ke kebun binatang Bukittinggi.

 

(ysw)

 

shadow