Jawa Tengah & DIY

8 dalang cilik adu kemampuan

8 dalang cilik adu kemampuan
Dalang cilik dari DIY. (Foto: Sodik)

Sindonews.com – Sebanyak delapan dalang cilik dari berbagai daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), beradu kemampuan dalam Festival Dalang Cilik Tingkat Daerah, di halaman Pemkab Kulonprogo. Kegiatan pertama kali digelar di Kulonprogo.

Salah seorang dalang cilik bernama Putra Laksana Tanjung (14), mengaku sudah menyiapkan diri untuk mengikuti festival sejak jauh hari. Dia mengatakan, ingin tampil maksimal sehingga dapat memberikan hiburan kepada masyarakat, di samping melatih kepiawaiannya memainkan wayang kulit.

"Saya terus belajar cara mendalang yang baik serta menghayati karakter masing-masing tokohnya," katanya di Yogyakarta, Jawa Tengah, Kamis (18/10/2012).

Ketua Penyelenggara Fatoni Yanuar mengatakan, kegiatan diselenggarakan oleh Komunitas Anak Muda Seni Kulonprogo. Tujuannya untuk melestarikan kesenian wayang kulit serta mengenalkannya kepada generasi muda.

"Kami ingin meletastarikan kesenian wayang kulit. Karena, generasi muda sudah mulai meninggalkan kesenian tradisional ini," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kulonprogo Eko Wisnu Wardhana mengatakan, kegiatan ini cukup positif untuk mengenalkan kesenian tradisional kepada generasi muda. Karena itu, Disbudparpora menggandeng Dinas Pendidikan agar siswa sekolah dapat menyaksikan festival.

"Jadi ada perwakilan dari tiap sekolah untuk menyaksikan festival. Tidak banyak, hanya satu kelas. Tapi mereka dibekali buku, sehingga setelah menyaksikan akan membuat catatan tentang apa yang mereka saksikan," terang Eko.

Delapan dalang cilik yang ikut ambil bagian dalam festival antara lain, Bagas Aditya Prasetyo, Ratnanto Adhi Wicaksono, Waluyo, Putra Laksana Tanjung, Prasetyo Banar, Brendi Narendra, Aldi Priambodo dan Hanan Wisma.

(mhd)

views: 1.063x

 

shadow