Hankam

Penembak misterius di Papua kelompok Daniel Koyoga

Penembak misterius di Papua kelompok Daniel Koyoga
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Mabes Polri membenarkan penangkapan terhadap Daniel cs yang diduga pelaku kekerasan di tanjakan Gunung Merah wilayah Nafri Jayapura, Papua pada 2011 lalu.

"Jadi penangkapan yang di Papua itu tadi malam terhadap teridentifikasi saudara Daniel Kogoya dan rekan-rekannya yang diduga terkait dengan kejadian di Namfi, Papua," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Kabiropenmas) Polri, Brigjen Pol. Boy Rafli Amar di DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/9/2012).

Dalam proses penangkapan, sempat ada upaya melumpuhkan kepada yang bersangkutan dengan penembakan di kaki, sampai sekarang semuanya masih dalam proses pemeriksaan.

"Yang bersangkutan masih dalam proses diperiksa saat ini dan yang bersangkutan dilarikan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit," terangnya.

Polisi mengaku akan mendalami lebih lanjut penangkapan terhadap Daniel Cs. Dalam penangkapan itu, polisi menyita dua senjata api, sementara Daniel sudah ditetapkan sebagai tersangka. Daniel CS akan dikenakan pasal 170 KUHP terkait dengan kekerasan di muka umum dan pasal 338 terkait pembunuhan.

"Jadi tidak jauh dari 170, termasuk ada unsur menghilangkan nyawa, tapi tentu hasil pemeriksaan akan memperjelas hasil pasal-pasal yang akan ditersangkakan kepada yang bersangkutan karena pemeriksaan belum selesai," pungkasnya.

Kelompok Daniel Kogoya merupakan kelompok yang sangat berbhaya. Kelompok ini melakukan serentetan aksi penembakan di Jayapura. Dalam aksinya, kelompok ini sangat mematikan.

Serentetan aksi yang dilakukan kelompok ini antara lain penembakan warga sipil di Nafri, Distrik Abepura, Jayapura tahun 2010 dan penghadangan dan penembakan pengendara motor yang menewaskan tiga orang tahun 2011 di Distrik Abepura.

(san)

views: 1.013x

 

shadow