Olympic

Kontingen DIY keluhkan revisi jadwal PON

Ridwan Anshori

Jum'at,  31 Agustus 2012  −  16:54 WIB
Kontingen DIY keluhkan revisi jadwal PON

Sindonews.com - Kontingen DIY pada PON XVIII/2012 Riau menargetkan meraih 20 medali emas atau masuk 10 besar. Namun, ada sedikit kendala untuk mewujudkan target tersebut, yakni adanya beberapa cabang olahraga (cabor) yang jadwal pelaksanaannya mengalami perubahan. Revisi jadwal ini menjadi keluhan KONI DIY.

Ketua Umum KONI DIY Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Prabu Kusumo mengatakan, kekuatan Kontingen DIY secara fisik dan nonfisik sudah siap 100 persen menyambut PON 2012. Namun, persoalannya terletak pada perubahan jadwal pertandingan.

"Hanya saja ada sedikit kendala pada jadwal. Ada dua cabor yang diikuti Kontingen DIY mengalami perubahan jadwal, ada yang diundur ada juga yang dimajukan. Hanya itu (perubahan jadwal) kendala kami," katanya, Jumat (31/8/2012).

Untuk venue tidak ada perubahan. Dari 24 venue yang akan digunakan untuk pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan tersebut tidak mengalami perubahan. Tetap digelar seperti rencana semula. "Ya kami senang venue seperti rencana semula, tapi ya itu tadi (perubahan jadwal) yang jadi kendala," imbuh Gusti Prabu.

Dari informasi yang dihimpun, beberapa cabor yang mengalami perubahan jadwal antara lain menembak dan futsal dan lainnya. Kedua cabor tersebut digelar di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Meski demikian, Gusti Prabu mengaku perubahan jadwal tidak menghalangi semangat membukukan 20 medali emas seperti yang sudah ditargetkan. "Itu hanya kendala kecil, targetnya tetap 20 medali emas," tegasnya.

Dia optimistis bisa mewujudkan target tersebut. Terlebih prestasi olah raga maupun atlet dari DIY terus mengalami peningkatan secara signifikan, baik secara kualitatif maupun kualitatif. Secara kualitatif misalnya, hanya satu atlet dari DIY pada SEA Games 2009 yang bisa menyumbang medali emas. Namun pada SEA Games 2011, atlet dari DIY mampu meraih 9 medali emas dan 6 perak. "Itu salah satu yang membuat kita optimis bisa mewujudkan target," ungkapnya.

Sementara secara kualitatif, jumlah personel Kontingen DIY yang dikirim pada PON dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pada PON 2012 ini Kontingen DIY berkekuatan 378 orang, 212 orang di antaranya merupakan atlet, sisanya berperan sebagai pelatih, manager, ofisial tim, mekanik dan lainnya.

Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak yang pernah dikirim Kontigen DIY di ajang PON, termasuk jumlah cabor yang diikuti. Kontingen DIY akan bertanding di 34 cabor dari 39 cabor yang dipertandingkan.


 

(akr)

 

shadow