Politik

Untuk pidato, SBY habiskan Rp1,2 M

Untuk pidato, SBY habiskan Rp1,2 M
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan mengikuti rapat Paripurna DPR dan menyampaikan pidato kenegaraan peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-67 pada Kamis 16 Agustus 2012 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Sekretariat Nasional Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) merilis, anggaran untuk kegiatan pidato kenegaraan Hari Ulang Tahun (HUT) RI tersebut menelan anggaran sebesar Rp584 juta.

Selain itu, pada malam harinya sekira pukul 20.00 WIB, Presiden akan mengikuti kembali rapat Paripurna DPR dan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2012. Anggaran tersebut, sebesar Rp699 juta.

"Jadi, hanya untuk mendengarkan pidato Presiden saja dalam satu hari, DPR harus mengeluarkan anggaran sebesar Rp1,2 miliar," ujar Kordinator Investigasi Dan Advokasi FITRA Uchok Sky Khadafi dalam pesan singkat yang diterima wartawan, Rabu (15/8/2012).

Uchok mengatakan, rincian anggaran tersebut naik sebesar Rp287 juta dari tahun sebelumnya, yang menghabiskan dana sebesar Rp995 juta.

"Hal ini membuktikan, rapat-rapat yang akan dihadiri oleh Presiden selalu ada duitnya, dan penyataan-pernyataan Presiden selama ini tentang penghematan anggaran rupanya hanya untuk menutupi perilaku Presiden saja, bahwa dia bukan orang yang ingin berhemat," ketus Uchok.

(san)

views: 1.076x

 

shadow