Sejumlah Kepala Daerah Akan Hadiri Debat Capres 2019

Minggu, 17 Februari 2019 - 18:02 WIB
Sejumlah Kepala Daerah Akan Hadiri Debat Capres 2019
Sejumlah Kepala Daerah Akan Hadiri Debat Capres 2019
A A A
JAKARTA - Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Aria Bima menyebut sejumlah kepala daerah akan menghadiri Debat Kedua Pilpres 2019 yang akan dilangsungkan pada malam ini Minggu, 17 Februari 2019. Salahnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Ganjar Pranowo Insyaallah datang," kata Aria di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Selain Ganjar, kata Aria, sejumlah tokoh lain juga rencananya akan hadir. Mereka diantaranya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah yang baru saja dilantik, Khofifah Indar Parawansa.

(Baca juga: Dari Debat Capres Bisa Terlihat Watak Dasar Pemimpin)

Namun Aria menegaskan, para kepala daerah tersebut akan hadir dengan kapasitas sebagai tokoh. Sebab, seorang kepala daerah dilarang menggunakan jabatannya untuk kepentingan kampanye.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018. Dalam aturan itu juga disebutkan adanya larangan kepala daerah dan wakilnya untuk mengambil kebijakan atau menggunakan jabatannya untuk kepentingan politik yang menguntungkan diri dan kelompoknya.

"Gubernur yang kebetulan diusung oleh partai pengusung atau gubernur yang sekarang ini mendukung, tetapi bukan gubernur. Tetapi kepada tokoh masyarakat itu diatur dalam UU," tuturnya.

Sekadar informasi, debat kedua Pilpres 2019 mengusung tema "Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Infrastruktur." Debat dihelat di Hotel Sultan, Jakarta pada pukul 20.00 WIB hari ini. Debat yang diikuti oleh capres ini disiarkan secara langsung di RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6802 seconds (0.1#10.140)