Penyanyi Rock Javier Milei Menangi Pemilu Pendahuluan Presiden di Argentina

Selasa, 15 Agustus 2023 - 00:21 WIB
loading...
Penyanyi Rock Javier Milei Menangi Pemilu Pendahuluan Presiden di Argentina
Javier Milei, kandidat presiden yang tak diunggulkan, mampu memenangi pemilu pendahuluan presiden di Argentina. Foto/Reuters
A A A
BUENOS AIRES - Pemilih Argentina menghukum dua kekuatan politik utama negara itu dalam pemilihan pendahuluan presiden pada Minggu (13/8/2023) dengan memilih Javier Milei, calon presiden yang dikenal sebagai penyanyi rock, sebagai presiden.

Dengan sekitar 90% surat suara telah dihitung, ekonom libertarian sayap kanan Javier Milei memperoleh 30,5% suara. Itu jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan, dengan blok oposisi konservatif utama di belakang dengan 28% dan koalisi Peronis yang berkuasa di tempat ketiga dengan 27%.

Pemilu pendahuluan hanya sebagai gambaran dan bayangan saja. Pemilu presiden Argentina sebenarnya akan digelar pada 22 Oktober mendatang. Namun, hasil pemilu pendahuluan itu menjadi hal yang sangat penting bagi pemilu sebenarnya nanti.



Hasilnya adalah teguran keras terhadap koalisi Peronis kiri-tengah dan blok oposisi konservatif utama Together for Change dengan inflasi sebesar 116% dan krisis biaya hidup yang menyebabkan empat dari 10 orang dalam kemiskinan.

"Kami adalah oposisi sejati," kata Milei dalam pidato setelah hasil tersebut, dilansir Reuters. "Argentina yang berbeda tidak mungkin dengan hal-hal lama yang sama yang selalu gagal," katanya.

Pemungutan suara di pemilihan pendahuluan adalah wajib bagi kebanyakan orang dewasa dan setiap orang mendapat satu suara, menjadikannya gladi resik untuk pemilihan umum 22 Oktober dan memberikan indikasi yang jelas tentang siapa yang difavoritkan untuk memenangkan kursi kepresidenan.

Pemilihan Oktober akan menjadi kunci untuk kebijakan yang mempengaruhi sektor pertanian besar Argentina, salah satu pengekspor kedelai, jagung dan daging sapi terbesar di dunia, mata uang dan obligasi peso, dan pembicaraan yang sedang berlangsung mengenai kesepakatan utang USD44 miliar dengan Dana Moneter Internasional.

Krisis ekonomi telah membuat banyak orang Argentina kecewa dengan partai politik utama dan membuka pintu bagi Milei, yang sangat menyukai kaum muda.

"Inflasi membunuh kami dan ketidakpastian pekerjaan tidak memungkinkan Anda merencanakan hidup Anda," kata Adriana Alonso, seorang ibu rumah tangga berusia 42 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2267 seconds (0.1#10.140)