Memahami Ucapan Barakallah dan Penggunaannya yang Benar

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 11:45 WIB
loading...
Memahami Ucapan Barakallah dan Penggunaannya yang Benar
Para ulama menjelaskan artinya secara singkat dan padat, bahwa barakah (?????) artinya adalah bertambahnya kebaikan atau ziyadatul khair. Secara singkat berarti barakah Allah, atau berkah dari Allah. Foto istimewa
A A A
Ucapan 'barakallah ' pasti sering Anda dengar, namun apa arti dan pengucapannya yang benar masih banyak yang belum mengetahuinya. Apa sebenarnya arti barakallah, bagaimana penggunaan yang benar dan bagaimana jawaban membalasnya, serta apa keutamaan ucapan ini?

Penggunaaan istilah islami dalam kehidupan sehari-hari, sudah kian populer dalam masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah ucapan-ucapan barakallah , jazakallah dan sebagainya.

Para ulama menjelaskan artinya secara singkat dan padat, bahwa barakah (باركة) artinya adalah bertambahnya kebaikan atau ziyadatul khair. Secara singkat berarti barakah Allah, atau berkah dari Allah.

Dirangkum dari berbagai sumber, kata barakah ini telah diserap dalam bahasa Indonesia menjadi berkah. Namun kata barakah sendiri juga tetap digunakan sampai sekarang.

Jika dengan adanya sesuatu lalu menambah kebaikan kita, maka itulah barakah. Jika dengan satu peristiwa lalu kebaikan kita bertambah, maka itulah barakah. Karenanya salam kita kepada sesama muslim adalah mendoakan agar Allah memberikah keselamatan, rahmat dan barakah-Nya.

Kata barakah banyak kita dapati dalam Al Qur'an dan hadits. Di antaranya yang paling populer adalah janji Allah kepada penduduk negeri yang beriman dan bertaqwa.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ


"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.. (QS. Al A’raf: 96)

Pengunaan yang Benar

Sering kali dalam masyarakat hanya diucapkan barakallah padahal maksudnya adalah mendoakan “semoga Allah memberkahimu” atau “semoga engkau diberkahi Allah.”

Ucapan yang tepat sebagai doa untuk orang yang kita ajak bicara, sebenarnya tidaklah cukup dengan “barakallah.” Harus ada lanjutannya. Bisa “baarakallaahu fiik” (بارك الله فيك) atau “baarakallaahu lak” (بارك الله لك).

1. Barakallahu fik

Ini adalah ucapan doa umum. Mendoakan keberkahan kepada orang yang sedang berkomunikasi dengan kita.

بَارَكَ اللَّهُ فِيكَ


baarakallaahu fiik

Artinya: Semoga Allah memberkahimu

Barakallah, juga biasa diucapkan dalam kondisi apa pun untuk memberikan selamat dan mendoakan seseorang agar diberkahi Allah. Ucapan doa singkat ini lebih baik daripada ucapan “selamat” dan sejenisnya.

Dalam riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengucapkan “baarakallahu fiik” ini untuk mendoakan sahabat beliau. Bahkan untuk mendoakan pengantin, secara singkat.

Jika yang didoakan adalah perempuan, maka ucapannya adalah:

بَارَكَ اللَّهُ فِيكِ


baarakallaahu fiik

Artinya: Semoga Allah memberkahimu

Pengucapannya tidak terlalu berbeda karena baik yang berakhiran fiika (untuk laki-laki) maupun fiiki (untuk perempuan), sama-sama dibaca fiik.

Adapun jika yang didoakan banyak orang, maka ucapannya adalah:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2898 seconds (0.1#10.140)