Zero Presidential Threshold Berikan Rasa Adil Pada Semua Parpol

Senin, 16 Januari 2017 - 14:57 WIB
Zero Presidential Threshold Berikan Rasa Adil Pada Semua Parpol
Zero Presidential Threshold Berikan Rasa Adil Pada Semua Parpol
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Adi Prayitno menilai, partai politik (parpol) yang sudah besar dan eksis di jagad perpolitikan saat ini khawatir dengan usulan sejumlah parpol yang menginginkan penggunaan sistem ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold/PT) menjadi 0% pada Pemilu 2019 nanti.

Kekhawatiran partai-partai politik besar ini muncul karena Pemilu 2019 akan digelar serentak antara pemilihan presiden dengan pemilu legislatif. Sehingga mereka khawatir akan banyak bermunculan calon-calon presiden dari setiap parpol yang menjadi peserta Pemilu 2019.

"Parpol besar atau parpol yang ngotot tetap ada PT tak perlu khawatir dengan zero PT ini. Mereka tak perlu merasa terancam dengan semakin banyaknya parpol yang bisa majukan capres," ujar Adi saat dihubungi, Senin (16/1/2017).

Adi merasa ketidakdilan akan muncul bila pemenuhan ambang batas untuk pencalonan presiden didasarkan pada hasil pemilu sebelumnya (Pemilu 2014), dan harus tetap ada dikisaran angka 20-25% suara sah nasional.

"Zero PT memberikan rasa adil dan kesempatan kepada semua partai politik mengajukan calon presiden," paparnya.

Adi meminta parpol-parpol besar tak perlu ngotot agar PT tetap berada di kisaran angka 20-2%. Menurut Adi pada akhirnya pemenang pilpres adalah partai yang mengusung kandidat dengan tingkat elektabilitas memadai.

"Selama parpol besar itu calonnya populis dan merakyat bisa dipastikan menang. Yang penting, sistemnya dibuat adil," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5449 seconds (0.1#10.140)