Daftar 10 Film Anime Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir

Selasa, 08 Agustus 2023 - 22:09 WIB
loading...
Daftar 10 Film Anime Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir
Dalam satu dekade terakhir, film anime mulai dilirik dan dinikmati lebih banyak orang. Karenanya, pendapatan mereka di box office internasional turut meningkat. (Foto: NJ..com)
A A A
Film anime punya kedalaman cerita dan emosi yang berbeda dari film animasi buatan Hollywood. Anime dibuat tidak hanya untuk anak-anak, tapi sebagian menyasar audiens yang lebih dewasa. Twist dan ending yang tidak diduga membuat orang selalu penasaran dengan ceritanya.

Sebagian film anime diadaptasi dari busur cerita di manga. Tapi, lebih banyak di antaranya yang merupakan cerita original. Sehingga, penggemar tidak akan menemukannya di serial anime atau manga-nya. Inilah yang membuat mereka jadi penasaran dengan ceritanya apakah terkait serial aslinya atau tidak.

Dalam 10 tahun terakhir, terutama di masa pandemi dalam 4 tahun terakhir, industri film anime terlihat sangat menjanjikan. Banyak film yang dirilis selama periode ini memperoleh pendapatan tinggi dan menjadi cerita klasik yang terus direkomendasikan. Sementara, meski dikenal sebagai studio legendaris, film produksi Studio Ghibli seolah kalah taring dengan film buatan studio lain yang lebih baru.

Di sepanjang satu dekade terakhir, tidak satu pun film produksi Studio Ghibli yang masuk 10 besar box office. Padahal, dalam kurun waktu itu, mereka juga merilis 4 film yang menerima respons bagus dari para kritikus. Justru, film-film karya Makoto Shinkai yang mulai mendominasi box office lokal dan global. Apa saja film anime paling laris dalam 10 tahun belakangan di pasar global? Simak daftarnya berikut!



10. Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire — 2019

Daftar 10 Film Anime Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: Japanese Canadian Cultural Center

Detective Conan adalah franchise yang sangat populer di Jepang, tapi tidak terlalu besar di luar negara tersebut. Sejauh ini, franchise itu telah merilis lebih dari 25 film yang selalu diterima baik penggemarnya. Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire menjadi yang terlaris dengan pendapatan USD115,5 juta di box office.

Film ini membawa Conan Edogawa ke Singapura untuk menyelidiki kapal perompak yang diduga tenggelam di sana. Seorang pengusaha berusaha mengangkat kapal tersebut. Tapi, usaha itu tidak berjalan mulus setelah pembunuhan terjadi dan Kaito Kid turut muncul di tempat tersebut.

9. Dragon Ball Super: Broly — 2018

Daftar 10 Film Anime Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: GameSpot

Dragon Ball Super: Broly memperkenalkan salah satu musuh terberat yang pernah dihadapi Goku dan Bezita, yaitu Broly. Film ini berlatar setelah saga Universe Survival. Selain itu, kisah latar belakang Bezita dan Saiyan terungkap di film ini.

Dragon Ball Super: Broly adalah film terlaris dari franchise ini dengan meraup USD122,7 juta. Film ini juga menjadi yang terakhir yang didistribusikan 20th Century Fox sebelum studio itu diakuisisi Disney. Penggemar sangat menyukai film ini.

8. Stand by Me Doraemon — 2014

Daftar 10 Film Anime Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: Variety

Doraemon adalah properti yang populer di Asia, tapi tidak di Amerika. Meski begitu, filmnya, Stand by Me Doraemon, bisa dinikmati semua kalangan. Dari anak-anak sampai orang dewasa, pasti akan terhanyut dalam cerita dan emosionya. Ketika dirilis, film ini meraup USD183 juta dan menjadi film Doraemon paling laris sampai saat ini.

Film ini berkisah tentang Doraemon yang akhirnya memutuskan meninggalkan Nobita setelah melihat kalau bocah itu sudah jadi lebih baik. Doraemon diprogram untuk membantu Nobita ketika dikirim ke abad 20. Jadi, begitu program itu berhasil, dia pun harus kembali. Perpisahan ini sangatlah emosional. Stand by Me Doraemon bisa ditonton di Netflix.

7. Weathering with You — 2019

Daftar 10 Film Anime Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: lopeztshirts

Weathering with You atau Tenki no Ko mengikuti tren film lain buatan Makoto Shinkai yang laris di box office. Film ini mendapatkan pujian dari kritikus dan penggemar di seluruh dunia. Di box office, film ini meraup USD193, 7 juta.

Film ini berkisah tentang seorang cewek yang bisa mengendalikan cuaca. Sama seperti film-film lain Makoto, film ini juga puny cerita yang sangat menyentuh dengan visual yang tak kalah memukau. Film ini adalah bukti kalau karya Makoto harus selalu ditonton di bioskop.

6. Jujutsu Kaisen 0 — 2021

Daftar 10 Film Anime Paling Laris dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: ComicBook.com

Kalau biasanya film dibuat sebagai sekuel atau cerita yang lepas dari lini utamanya, maka berbeda dengan Jujutsu Kaisen 0. Film ini berfungsi sebagai prekuel serial anime Jujutsu Kaisen. Film ini juga diadaptasi dari manga yang dibuat Gege Akutami sebelum debut dengan Jujutsu Kaisen di Shonen Jump.

Jujutsu Kaisen 0 berfokus pada Yuta Okkotsu. Setelah menyaksikan teman masa kecilnya, Rika, tewas, dia merasa terus dihantui roh kutukan pendendam cewek itu. Dia kemudian ditemukan Satoru Gojo yang membawanya ke SMA Jujutsu Tokyo dan melatihnya menjadi seorang penyihir Jujutsu. Film ini meraup USD196 juta dan menjadi film anime terlaris pada 2021. Jujutsu Kaisen 0 bisa ditonton di Netflix.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)