alexa snippet

KPU: Banyak Capres Untungkan Pemilih

KPU: Banyak Capres Untungkan Pemilih
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay mengatakan tidak masalah bagi KPU jika ambang batas mencalonkan presiden nol persen. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak mempersoalkan jika syarat ambang batas mengusung calon presiden (presidential Threshold) dan ambang batas parlemen (parliamentary threshold) nol persen pada Pemilu 2019.

Bahkan, KPU siap ‎melaksanakannya kalau memang seluruh pihak menyepakati hal tersebut. "Kalau melaksanakannya kami siap, ‎sistem apapun, tidak ada masalah (0%)," ujar Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay dalam diskusi polemik SINDO Trijaya Network bertajuk Revisi UU Pemilu dan Pertaruhan Demokrasi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/1/2017).

Menurut dia, sebetulnya presidential threshold dan parliamentary threshold nol persen memiliki dampak positif. "Banyak calon itu juga menguntungkan pemilih," tuturnya.

Dia mengatakan, aspirasi masyarakat bisa terwakili dengan banyaknya calon legislatif atau calon presiden.‎

Hadar juga berpendapat, tiap partai politik (parpol) ‎tidak perlu khawatir kalah dalam pemilu legislatif maupun pemilu presiden.

Dia yakin setiap parpol memiliki hitungan sendiri untuk bisa menangi pemilu. "Jangan kita selalu berpandangan ah pasti ada satu calon," ungkapnya



(dam)
views: 5.561
loading gif
Top