alexa snippet

Partai Gerindra Setuju Presidential Threshold 0 Persen

Partai Gerindra Setuju Presidential Threshold 0 Persen
Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria. (dpr.go.id)
A+ A-
JAKARTA - Jumlah ambang batas pengajuan calon presiden (presidential threshold) masih menjadi tarik ulur dalam pembahasan RUU Pemilu di DPR. Sebagian partai politik mengendaki presidential threshold dibuat menjadi 0%.

Fraksi Gerindra adalah salah satu pihak yang menyetujui presidential threshold 0%. Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, langkah politik tersebut diambil pihaknya sebagai bentuk komitmen pada penegakan demokrasi.

"Gerindra setuju presidential threshold 0%. Kenapa 0%? Karena kita ini negara demokrasi terbesar di dunia, kita ingin menebarkan demokrasi," ujar Riza saat dihubungi Sindonews, Rabu (11/1/2017).

Riza menuturkan, komitmen Gerindra pada penguatan demokrasi ditunjukkan melalui penguatan partai politik. Dengan demikian, partai politik akan menyiapkan kader-kader terbaiknya termasuk untuk level pimpinan nasional presiden dan wakil presiden.

Ditambahkan Riza, penetapan presidential threshold 0% juga memberikan kesempatan kepada semua partai politik untuk mencalonkan kader terbaiknya. Tak hanya di pilkada, tapi juga pada pilpres.

"Kita ingin bahwa semua partai punya kesempatan yang sama untuk dapat mengusung presiden dan wakil presiden," kata wakil Ketua Komisi II DPR ini.



(kri)
views: 5.531
loading gif
Top